Sukses

Suporter Liverpool Malawi Sumbangkan Pembalut untuk Siswa SD

Suporter Liverpool asal Malawi menyumbangkan pembalut senilai 500 ribu kwancha.

Liputan6.com, Ndirande - Suporter Liverpool asal Malawi menyumbangkan pembalut senilai 500 ribu kwancha atau sekitar 9,2 juta rupiah untuk anak perempuan yang membutuhkan di Sekolah Dasar (SD) Namalimwe di Ndirande, Malawi, Jumat (20/1). Bantuan itu diberikan melalui kerja sama dengan organisasi non pemerintah, Jaringan Pemberdayaan Anak Perempuan (GEN).

Panitia untuk upacara serah terima bantuan itu, Raffique Maru mengatakan, fans Liverpool Malawi membentuk grup aplikasi Whatsapp, yang tujuan awalnya berbagi analisis, informasi terbaru, kegembiraan dari klub favorit mereka.

Namun, salah satu anggota grup itu, Chris Kapanga membuka satu obrolan yang menyarankan, agar mereka juga bisa memberikan kontribusi berupa sumbangan uang untuk tujuan mulia.

"Anggota lainnya, Abdul Mukadam, menyarankan, agar kami menghubungi LSM GEN, yang mengkhususkan diri dalam membantu murid perempuan bersekolah yang membutuhkan. LSM itu pun mengusulkan agar kami membeli pembalut untuk murid perempuan,” kata Maru.

Menurut Maru, sebagian besar dari anak perempuan itu tidak bersekolah hampir satu minggu setiap bulannya karena tidak memiliki pembalut. Mereka tidak bisa nyaman berada di dalam kelas karena penuh ketakutan, dan mungkin akan ada yang menggoda.

Tidak saja fans Liverpool Malawi yang memiliki jiwa sosial tinggi. Beberapa minggu sebelumnya, supporter Manchester United Malawi juga menyumbangkan berbagai kebutuhan medis di Rumah Sakit Pusat Kamuzu (KCH) di Lilongwe. Kegiatan sosial itu menjadi salah satu cara untuk berbagi musim kegembiraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini