Sukses

5 Pelatih Calon Pengganti Arsene Wenger di Arsenal

Arsene Wenger kini berusia 67 tahun dan mulai berpikir pensiun sebagai manajer Arsenal.

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, belum mau terburu-buru memperpanjang kontraknya bersama tim. Hal ini makin menguatkan rumor bahwa sang manajer tampak ragu memperpanjang masa baktinya di klub London Utara itu.

Kontrak Wenger bersama Arsenal memang baru bakal kedaluwarsa pada Juni 2017. Namun, sampai saat ini manajer asal Prancis itu belum menggelar pembicaraan soal kontrak dengan manajemen The Gunners.

Belakangan, arsitek Juventus, Massimiliano Allegri, santer disebut-sebut didekati manajemen Arsenal. Bahkan, Allegri sengaja sudah belajar bahasa Inggris.

Akan tetapi, hal itu dengan tegas dibantah allenatore asal Italia itu. Saat ini, dirinya tengah menikmati karier bersama La Vecchia Signora.

Selain Allegri, beberapa kandidat lain juga masuk dalam daftar. Mereka yang paling tepat ini dilihat dari berbagai aspek, mulai dari skema, sepak terjang, dan tentunya prestasi. Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Patrick Vieira

5. Patrick Vieira

Vieira adalah legenda sejati Arsenal. Saat ini, dia sedang menimba ilmu bersama Manchester City. Namun, dalam semusim terakhir, dia dipercaya untuk tangani New York City FC.

Musim lalu, Vieira sukses membawa NYFC finis di urutan runner-up MLS 2016. Tentu, dengan berbagai ilmu yang didapat, Vieira bisa saja ditunjuk untuk menggantikan Wenger. Namun, dia masih memiliki kontrak di sana sampai 31 Desember 2018.

3 dari 6 halaman

Ronald Koeman

4. Ronald Koeman

Koeman sempat disebut-sebut bakal menjadi pengganti potensial Wenger. Tapi, dia akhirnya memilih Everton sebagai pelabuhan barunya.

Koeman juga punya catatan yang bagus ketika berhadapan dengan Arsenal. Ia pernah menyingkirkan The Gunners dalam ajang Piala Liga 2014. Saat ini, manajer asal Belanda itu mampu membawa Everton sementara duduk di posisi ketujuh dan hanya berselisih 9 poin saja dari peringkat keempat.

4 dari 6 halaman

Diego Simeone

3. Diego Simeone

Simeone adalah salah satu pelatih yang sangat sukses meski umurnya masih 46 tahun. Dia adalah sosok yang berhasil memutus dominasi Barcelona dan Real Madrid di La Liga.

Gaya Simeone mungkin tidak sesuai dengan apa yang telah dibangun Wenger. Tapi, beberapa indikator sangat dibutuhkan, seperti disiplin pertahanan dan keuletan. Pelatih asal Argentina pernah sangat ingin untuk meninggalkan ibu kota Spanyol setelah patah hati di Liga Champions musim panas lalu.

5 dari 6 halaman

Eddie Howe

2. Eddie Howe

Eddie Howe adalah salah satu sosok yang sukses membangkitkan Bournemouth. Meskipun tak ada piala yang dimenangkannya, tetapi Howe bisa membuat permainan yang menarik. Tentu dengan uang yang besar dari Arsenal bisa membuatnya bebas meramu tim impian.

Namun, saat ditanya tentang kebenaran kabar tersebut, Howe enggan berkomentar banyak. Pelatih berkebangsaan Inggris tersebut menegaskan tidak mau peduli tentang rumor yang beredar, karena hanya ingin fokus kepada Bournemouth.

6 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri

1. Massimiliano Allegri

Nama Allegri belakangan memang kerap dikabarkan bakal cabut. Ini setelah dia diterpa isu keributan dengan beberapa pemain pilar, termasuk kiper sekaligus kapten Gianluigi Buffon. Dia juga disebut-sebut tergoda menangani tim London Utara itu karena punya anggaran transfer lebih besar.

Dengan melimpahnya uang untuk belanja pemain, Allegri nanti bakal membangun dinasti sendiri. Dia akan memboyong pilar-pilar muda berbakat agar tim besutannya tersebut mampu bertahan hingga 10 tahun ke depan.

Ada satu indikator lain yang menarik dari Alegri. Dia sangat berpengalaman di Eropa. Ini bisa jadi jawaban setelah Arsenal seakan cuma jadi penghibur di Liga Champions.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini