Sukses

Insiden Sterling, Webb: City Harusnya Dapat Penalti

Sterling gagal mencetak gol, karena ada gangguan dari Walker

Liputan6.com, Manchester - Insiden antara Raheem Sterling dan Kyle Walker pada laga Manchester City kontra Tottenham Hotspur, Sabtu 21 Januari 2017, mengundang perhatian Howard Webb. Mantan wasit Liga Inggris itu menilai, City seharusnya mendapat penalti atas apa yang dilakukan oleh Kyle Walker.

Tidak hanya penalti, Webb juga menilai Walker seharusnya diganjar dengan kartu merah. “Anda akan melihat insiden dorongan pada Sterling. Dan bahwa itu seharusnya penalti dan kartu merah,” kata Webb, dilansir Talksports.

Webb tidak memungkiri, kejadian tersebut mungkin sulit dilihat sang wasit, Andre Marriner seorang. Posisinya yang lumayan jauh dari kejadian, dinilai Webb sebagai salah satu alasan mengapa Marriner tidak bisa melihat dengan jelas. Namun, keberadaan asisten wasit, kiranya bisa memberi masukan bahwa kejadian itu, bisa berakhir pada pemberian hukuman kepada Spurs.

“Ia (Marriner) mungkin tak menduga ada dorongan dari Kyle Walker. Mungkin ia tak melihatnya dari belakang? Asisten wasit mestinya melihat. Maka ia harus memutuskan, seberapa besar efeknya ke Sterling?” jelas dia.

Sterling sendiri sejatinya sudah dalam posisi yang cukup menguntungkan untuk bisa membobol gawang lawan. Namun, karena ada gangguan dari Walker, maka peluang tersebut menjadi sia-sia. “Posisinya (Marriner) masih jauh untuk membuat persinggungan dengan bola. Tapi ia mesti mengaitkan seberapa besar efek itu kepada pemain,” kata dia.

“Itu jelas dorongan yang kuat, yang mempengaruhi kesempatan Sterling untuk mendapatkan tembakan. Dan (jika ada) wasit video, akan ada yang mengatakan ‘beri hukuman,’ dan City bisa melanju dengan 3- 1,” jelas lanjut dia. (Inov Nastora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini