Sukses

Dramatis, Gol Sanchez Bawa Arsenal Dekati Posisi Chelsea

Liputan6.com, Jakarta Arsenal sukses memetik poin penting di pekan ke-22 Liga Inggris. The Gunners menang tipis 2-1 saat menjamu Burnley di Emirates Stadium, Minggu, 22 Januari 2017.

Arsenal unggul terlebih dahulu melalui gol Shkodran Mustafi. Namun, Burnley menyamakan skor lewat penalti Andre Gray. Kemenangan Arsenal akhirnya ditentukan lewat gol Alexis Sanchez.

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhak menempati posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris. Mereka melampui posisi Tottenham dan Liverpool.

Di awal laga Burnley lebih mendominasi permainan. Lewat umpan-umpan panjang mereka memberi tekanan ke pertahanan Arsenal.

Namun, Arsenal perlahan mulai menguasai pertandingan. Kesempatan pertama datang lewat serangan balik melalui pergerakan Sanchez. Namun, umpan silangnya gagal dijangkau rekan-rekannya.

Menit 13 Barnes nyaris mencetak gol untuk Burnley. Sayang dia gagal memaksimalkan umpan silang Lowton.

Giliran Arsenal mendapat peluang melalui Iwobi.  Mendapat umpan balik dari Koscielny di dalam kotak penalti, akan tetapi tembakan mendatarnya ke tiang jauh tipis melebar!

Menit 27 Ozil lolos ke dalam kotak penalti setelah menerima umpan Sanchez. Namun, hakim garis menyatakan Ozil dalam posisi off-side sebelum melepaskan tembakan ke gawang Burnley.

Arsenal masih terus mencari cara untuk bisa membongkar pertahanan Burnley. Empat menit jelang babak pertama berakhir tendangan Sanchez dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Heaton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Arsenal kembali mengurung pertahanan tamunya. Menerima umpan dari Iwobi, Sanchez melepas tembakan kencang, namun masih tipis melesat di atas mistar.

Tekanan terus dilakukan Giroud dan Sanchez. Namun, keduanya kesulitan menembus ke kotak penalti, karena hampir semua pemain Burnley berada di lini belakang.

Usaha keras Arsenal akhirnya terbayar menit 59. Tendangan sudut Ozil ditanduk Mustafi dan tak mampu dijangkau Heaton. Arsenal unggul satu gol.

Namun, Arsenal terpaksa harus bermain 10 orang setelah Granit Xhaka dikartu merah. Gelandang bertahan Arsenal itu harus meninggalkan lapangan lebih dini setelah menerjang Defour dengan dua kaki.

Menit 71 Burnley hampir menyamakan kedudukan. Defour melepaskan tendangan bebas, dan memaksa Cech melakukan penyelamatan.

Burnley berusaha keras untuk memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, indikasinya adalah dengan masuknya penyerang, Vokes menggantikan Defour yang berposisi sebagai gelandang.

Barnes hampir mencetak gol penyeimbang. Tapi, dia gagal menyelesaikan bola liar di pertahanan Arsenal.

Arsenal hampir menggandakan keunggulan. Penyelamatan krusial nan cemerlang dilakukan Heaton saat mampu menepis tembakan jarak dekat Coquelin.

Namun, kemenangan Arsenal yang sudah di depan mata sirna setelah Burnley mendapat tendangan penalti. Keputusan diambil wasit setelah melihat adanya tekel Coquelin terhadap pergerakan Barnes. Hadiah ini diselesikan dengan baik oleh Andre Gray.

Jelang laga berakhir wasit memberikan penalti untuk Arsenal. Wasit menilai Mee mengangkat kaki terlalu tinggi saat coba menghalau bola yang diarahkan kepada Koscielny. Sanchez tampil sebagai pahlawan kemenangan Arsenal.

Susunan pemain:

Arsenal: P. Cech, Nacho Monreal, L. Koscielny, S. Mustafi, Gabriel Paulista, M. Ozil, A. Ramsey, G. Xhaka, A. Sanchez, O. Giroud,     A. Iwobi (Francis Coquelin)

Burnley: T. Heaton, S. Ward, M. Lowton, B. Mee, M. Keane, S. Defour (Sam Vokes) , D. Marney (James Tarkowski ), G. Boyd, J. Hendrick (Joey Barton), A. Barnes, A. Gray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.