Sukses

7 Fakta Kemenangan Arsenal: Kartu Merah Untungkan Meriam London

Arsene Weger bisa bernapas lega setelah Arenal memastikan kemenangan dramatis 2-1 atas Burnley, pada Minggu (22/1/2017) malam.

Liputan6.com, London - Mananjer Arsenal Arsene Wenger bisa bernapas lega setelah timnya memastikan kemenangan 2-1 atas Burnley pada Minggu (22/1/2017) malam tadi. Kemenangan dramatis The Gunners ini ditentukan lewat gol Alexis Sanchez dari titik putih di masa injury time.

Bermain di kandang sendiri, Arsenal nyaris mengakhiri pertandingan dengan skor imbang hingga menit ke-93. Tapi setelah striker Burnley Andre Gray melesakkan gol, The Gunners mendapatkan hadiah penalti.

Arsenal sebelumnya terpaksa harus bermain 10 orang setelah Granit Xhaka dikartu merahkan wasit. Gelandang bertahan Arsenal itu harus meninggalkan lapangan karena kedapatan menerjang winger Steven Defour dengan dua kaki.

Kemenangan 2-1 akhirnya diraih Arsenal lewat eksekusi penalti Alexis Sanchez di menit ke-98 yang tak mampu dihadang kiper Tom Heaton. Wasit Jonathan Moss memberikan penalti karena menganggap full-back Ben Mee melanggar Laurent Koscielny dengan kakinya yang naik terlalu tinggi.

Hasil ini sempat membuat Arsenal memangkas jaraknya dengan pemuncak klasemen Chelsea. Keduanya hanya berselisih delapan poin. Namun beberapa jam kemudian The Blues bisa menang 2-0 atas tamu mereka Hull City di Stamford Bridge.

Dari fakta di atas, beberapa data statistik juga tercatat selama pertandingan. Mulai dari rekor kartu merah Granit Xhaka hingga kegagalan Burnley menang di kandang Arsenal.

Berikut enam fakta menarik kemenangan Arsenal atas Burnley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Xhaka dan Ozil

1. Gelandang Arsenal, Granit Xhaka lebih dari lima kali mendapat kartu merah sejak debut bersama tim pada musim lalu, paling banyak dari pemain manapun yang merumput di lima liga top Eropa.

2. Mesut Ozil telah menyumbangkan 37 assist di Liga Inggris selama berseragam Arsenal, paling banyak dari pemain manapun di Inggris dalam waktu yang sama.

3. Arsenal menjadi tim yang paling banyak mencetak gol melalui sundulan di Liga Inggris. Jumlah gol dari proses heading berjumlah 12.

4. Sebelum menang di Emirates Stadium Minggu, tadi malam, Arsenal selalu mengalahkan Burnley dalam lima pertemuan terakhir di kandangnya dalam berbagai ajang. Kekalahan terakhir The Gunners terjadi pada September 1974 silam.

3 dari 3 halaman

Cech dan Mustafi

5. Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech sudah menghadapi 14 penalti di Liga Inggris sejak 2011/2012. Dan sejauh ini dia belum pernah menggagalkan seluruh tendangan penalti lawan tersebut.

6. Shkodran Mustafi belum pernah merasakan kekalahan selama membela Arsenal. Rekor pribadinya hingga pekan ke-21 ini adalah 15 kali menang dan sisanya imbang.

7. Arsenal adalah satu-satunya tim yang sanggup memenangkan pertandingan terbanyak di Liga Inggris saat salah satu pemainnya menerima kartu merah. Total 31 kemenangan bisa didapatkan The Gunners dalam kondisi tersebut berbanding 26 kekalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini