Sukses

Kamerun dan Burkina Faso ke Babak 8 Besar Piala Afrika

Burkina Faso lolos sebagai juara grup A Piala Afrika karena memiliki selisih gol lebih baik dari Kamerun yang duduk di peringkat dua.

Liputan6.com, Libreville - Tim raksasa Kamerun memastikan lolos ke babak perempatfinal Piala Afrika 2017 setelah bermain imbang 0-0 melawan Gabon pada Senin (23/1/2017) dinihari tadi. Sebaliknya hasil ini membuat tuan rumah turnamen, Gabon, gugur di fase grup lantaran kalah dalam jumlah koleksi poin.

Dalam fase penyisihan grup A Piala Afrika ini, Gabon lebih tertekan karena bermain di hadapan publik sendiri, di Stadion Stade d'Angondjé, Libreville. Mereka dituntut untuk menang agar bisa mendampingi Kamerun setelah di dua laga awal hanya meraih hasil imbang.

Sementara itu lawan mereka Kamerun sudah menabung tiga poin usai bermain imbang 1-1 di laga pembuka melawan Burkina Faso dan dilanjutkan dengan menang 2-1 atas Guinea-Bissau, 18 Januari 2017 lalu.

Di waktu yang bersamaan Burkina Faso sukses menekuk Guinea-Bissau pada partai penutup Grup A ini dengan skor telak 2-0. Rudinilson Silva mencetak gol bunuh diri ke gawang lawan saat pertandingan baru berjalan 11 menit.

Penyerang Chelsea yang dipinjamkan ke Ajax Amsterdam, Bertrand Traore menggenapkan keunggulan timnya menjadi gua gol setelah menerima assist dari Prejuce Nakoulma di menit ke-57.

Bila diakumulasi, Burkina Faso lolos sebagai juara grup A Piala Afrika karena memiliki selisih gol lebih baik dari Kamerun yang duduk di peringkat dua. Burkina Faso akan bertemu runner-up Grup B di babak delapan besar, pada 28 Januari mendatang.

Perebutan posisi runner-up Grup B akan berlangsung seru karena tiga tim, Tunisia, Aljazair, dan Zimbabwe masih punya peluang lolos. Senegal yang mengumpulkan enam poin akan menutup fase grup dengan melawan Aljazair pada Selasa (24/1) besok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini