Sukses

3 Penyebab Anjloknya Performa Cristiano Ronaldo

Saat Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol, dia mulai memiliki kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo tahun lalu bisa dibilang musim terbaiknya sebagai pemain profesional. Bintang Portugal ini, memenangkan Liga Champions bersama Madrid dan Piala Eropa dengan Portugal.

Ronaldo juga memenangkan Golden Ball, Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Namun, pada laga-laga terakhir ini, performa Cristiano Ronaldo terus menurun. Bahkan, dalam laga kontra Malaga pekan lalu, beberapa pendukung Real Madrid bersiul padanya karena penampilannya yang buruk.

Menanggapi situasi ini, pelatih Madrid Zinedine Zidane membela pemain kesayangannya itu. Menurut pelatih asal Prancis ini, kejadian ini pernah menimpa dirinya saat jadi pemain.  

Dikatakan Zidane, Cristiano Ronaldo terbiasa berurusan dengan kritik. Menurutnya, standar yang diinginkan kepada pemain bintang selalu harus setingkat dari permainan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cedera

Salah satu alasan utama adalah jumlah pertandingan yang dilakoni Ronaldo. Musim lalu, pemain Timnas Portugal ini, bermain 48 pertandingan bersama Los Blancos di mana ia mencetak 51 gol dan 16 assist.

Namun, tahun ini Ronaldo sudah harus istirahat di beberapa pertandingan awal musim karena cedera. Dia mengakhiri tahun dengan kelelahan, hingga akhirnya di final Piala Eropa 2016 Ronaldo harus meninggalkan lapangan karena masalah otot. Kemungkinan cedera yang berkepanjangan sampai sekarang, menciptakan ketidaknyamanan untuk Ronaldo.

Pemain berusia 31 tahun tersebut mengalami cedera lutut ketika membela tim nasional Portugal di final Piala Eropa 2016 lalu. Saat itu, dia bertabrakan dengan pemain Prancis, Dimitri Payet, di babak pertama.

Setelah insiden tersebut, Ronaldo dipaksa menepi dari lapangan hijau untuk sementara waktu. Ketika rekan-rekannya menang atas Sevilla di Piala Super Eropa, CR7 pun hanya bisa menjadi penonton.

3 dari 4 halaman

Gareth Bale

Kunci lain mungkin tidak adanya Gareth Bale. Seperti diketahui Ronaldo dan Bale  memiliki hubungan yang baik di lapangan. Di banyak pertandingan Ronaldo menerima banyak assist dari Bale..

Bale sudah lama absen akibat cedera. Dia harus mendapat perawatan di rumah sakit setelah mengalami kerusakan pada tendon peroneal pergelangan kaki kanannya. Cedera ini didapat Madrid saat menang 2-1 atas Sporting Lisbon di ajang Liga Champions.

Dari hasil pemeriksaan di University Hospital Sanitas, dilaporkan pemain kidal Wales ini mengalami cedera pada pergelangan kaki kanannya atau didiagnosis mengalami dislokasi traumatis dari tendon peroneal.

4 dari 4 halaman

Kecemasan

Alasan lain adalah bahwa ketika Ronaldo tidak mencetak gol dalam dua pertandingan berturut-turut, dia mulai memiliki kecemasan. Akiabtnya, kecemasan itu tidak memungkinkan dia untuk mengambil keputusan terbaik.

Musim ini Ronaldo sempat bermain di posisi yang berbeda. Di beberapa permainan Ronaldo ditempatkan sebagai striker, dan dia terlihat kehilangan kemampuannya, karena dia selalu bermain di sayap kiri. Di posisi ini Ronaldo dapat menunjukkan kecepatan dan kualitas dribbling-nya.

Ronaldo harus segera memulihkan dan menunjukkan pemainan terbaiknya tahun ini, karena Madrid akan menghadapi bagian paling penting musim ini. Meski bagaimana pun Ronaldo merupakan pemain penting bagi Los Blancos. Ketika ia berada dalam tingkat terbaik, tim bermain jauh lebih baik..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.