Sukses

Menuju MotoGP 2017, Rossi Sebut Ada 6 Calon Pemenang

Rossi mengakui MotoGP 2016 sebagai musim yang aneh.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi mengaku MotoGP 2016 sebagai musim terbaik. Itu karena tingkat kompetitif yang tercipta begitu tinggi. Tercatat, ada sembilan pembalap berbeda yang meraih podium juara sepanjang 18 seri.

Rossi adalah salah satu pembalap yang merebut podium juara di musim lalu. Pembalap Movistar Yamaha itu meraih kemenangan di MotoGP Spanyol dan Catalunya. Sisanya, ada delapan pembalap yang juga mampu unjuk gigi.

Delapan pembalap itu adalah Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Jack Miller, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, dan Andrea Dovizioso. Tak pernah sebelumnya pemandangan seperti itu terlihat dalam sejarah MotoGP.

"Bukan tidak mungkin kita akan melihat begitu banyak variasi. Namun, sembilan pemenang berbeda akan sulit. Itu adalah musim yang aneh bagi kami dan musim yang menarik bagi fans. Tahun ini, setidaknya ada enam pembalap yang berpotensi menang," kata Rossi seperti dikutip Speedweek.

Untuk calon pemenang di musim 2017, Rossi memang tak menyebutkan nama. Namun, enam pembalap tersebut kemungkinan besar adalah Marquez, Lorenzo, Vinales, Dovizioso, Iannone, Crutchlow, dan Rossi sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan Vital Rossi

Cuaca dan performa ban menjadi faktor utama di balik terciptanya rekor baru dalam hal jumlah pemenang di satu musim MotoGP tersebut. Akibat dua hal tersebut, balapan menjadi lebih sulit diprediksi.

The Doctor juga mengungkapkan pentingnya menu latihan yang ia jalani di sirkuit pribadinya, yakni di Tavullia. Dari pelatihan di sana Rossi masih mampu menyamai gaya balap Marquez yang agresif saat melakukan manuver.

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kiri), mengisi waktu luang saat MotoGP sedang libur dengan berlatih flat track di Ranch miliknya di Tavullia, Italia. (Instagram/valeyellow46)

"Kami banyak bekerja di VR46 Academy dengan pembalap muda kami. Itu adalah hal yang bagus dan motivasi yang unik. Kami memusatkan perhatian pada gaya balap dan cara menangani motor. Juga cara dalam situasi sedang bertempur di lintasan. Penting untuk memahami sikap yang tepat saat menjalani duel," ujar Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini