Sukses

Menpora Apresiasi 2 Srikandi Penakluk 5 Gunung Tertinggi di Dunia

Mereka mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Vinson Massif (4.892m), puncak tertinggi di Benua Antartika.

Liputan6.com, Jakarta - Apresiasi tinggi diberikan Menpora Imam Nahrawi kepada dua pendaki putri Indonesia Fransiska Dimitri Inkiriwang (23) dan Mathilda Dwi Lestari (23) yang sukses mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Vinson Massif (4.892m), puncak tertinggi di Benua Antartika.

 
"Apa yang kalian capai dengan berhasil mencapai puncak tertinggi Gunung Vinson Massif di Benua Antartika sangatlah luar biasa. Apalagi kalian menjadi srikandi pertama Indonesia yang berhasil mencapai puncak tersebut. Pemerintah ke depan Insy Allah akan memberikan support kepada para pendaki yang menjadi isnpirasi pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia," kata Menpora dalam rilis yang diterima Liputan6.com.      
 
Dua perempuan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung yang tergabung dalam organisasi pecinta alam Mahitala Unpar ini sekaligus mencatatkan sejarah baru sebagai pendaki putri Indonesia pertama yang mencapai puncak tertinggi di Kutub Selatan tersebut. Keduanya mencapai puncak pada Rabu (4/1/2017) pukul 23.48 waktu setempat atau Kamis pukul 09.48 WIB.
 
Kedua pendaki tersebut juga menceritakan bagaimana proses pendakian hingga mencapai puncak. Menurutnya tantangan terbesar dalam sebuah pendakian adalah bagaimana kita bisa menjaga stamina, semangat yang ada dalam diri kita sendiri. "Untuk mencapai puncak banyak sekali tantangan yang harus kita lewati, dengan beban yang harus saya bawah seberat 50 kg, saya terus menyemangati diri saya bahwa yakin bisa mencapai puncak, meskipun saat itu kondisi cuaca -33 derajat celcius," kata Hilda.     
 
Sebelum mendaki Vinson Massif, kedua mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unpar itu sudah menggapai puncak Carstensz Pyramid (4.884m) pada 13 Agustus 2014, Gunung Elbrus (5.642m) 15 Mei 2015, Gunung Kilimanjaro (5.895m) pada 24 Mei 2015, serta Gunung Aconcagua (6.962m) pada 1 Februari 2016. 

Selanjutnya mereka akan mendaki Gunung Everest (8.848m) dan Denali (6.194m) di Alaska, AS untuk menjadi perempuan Indonesia pertama pendaki Tujuh Puncak Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini