Sukses

Walcott Hattrick, Arsenal Pecundangi Southampton

Arsenal menjejaki langkah Chelsea, Manchester City, dan Tottenham Hotspur ke babak kelima Piala FA.

Liputan6.com, Southampton - Theo Walcott menjadi tokoh penting di balik kesuksesan Arsenal melaju ke babak kelima Piala FA 2016/2017. Hattrick-nya membawa The Gunners menaklukkan Southampton lima gol tanpa balas di St Mary's Stadium, Minggu (29/1/2017) dinihari WIB.

Melawan Southampton, Arsenal tak bisa didampingi Arsene Wenger. Itu karena Wenger harus menjalani sanksi empat pertandingan yang dijatuhkan Asosias Sepak Bola Inggris (FA) akibat ulahnya saat melawan Burnley, akhir pekan lalu.

Di laga tersebut, Wenger melakukan banyak perubahan. Ia memberikan kesempatan kepada Danny Welbeck yang baru saja pulih dari cedera dan pemain-pemain muda seperti Jeff Reine-Adelaide, Ainsley Maitland-Niles, serta Rob Holding.

Meski begitu, Arsenal tetap tampil agresif sejak awal permainan. Bahkan, mereka langsung mendapatkan peluang lewat Reine-Adelaide di menit ketiga. Sayang, pemai berusia 19 tahun itu gagal memaksimalkan kolaborasi Hector Bellerin dan Theo Walcott.

Tanpa harus menunggu lama, Arsenal langsung mendapatkan gol pertamanya. Koneksi Maitland-Niles dan Lucas Perez menghasilkan peluang emas untuk Welbeck. Dengan cerdik Welbeck mengecoh Jack Stephens dan Cuco Martina sebelum memasukkan bola ke gawang Harry Lewis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Impresif Walcott

Gol tersebut membuat The Gunners semakin agresif. Hasilnya, mereka pun sukses menambah keunggulan di menit ke-72. Umpan panjang yang dilakukan Alex Oxlade-Chamberlain dituntaskan Welbeck dengan sangat baik. Hanya sekali kontrol, dengan mudah ia mencatatkan namanya di papan skor.

Danny Welbeck menyumbang dua gol dan satu assist dalam kemenangan Arsenal atas Southampton. (Twitter Arsenal)

Agresivitas Arsenal tak berhenti sampai di situ. Welbeck kembali menunjukkan peran pentingnya. Ia memberikan umpan tarik dari sisi kanan pertahanan Southampton dan dimaksimalkan Theo Walcott di menit ke-35.

Keunggulan 3-0 di babak pertama membuat Arsenal jauh lebih tenang saat menjalani laga babak kedua. Bahkan, Arsenal memasukkan Alexis Sanchez di menit ke-65 untuk menggantikan Welbeck. Empat menit setelah masuk, Sanchez menciptakan assist untuk gol Walcott di menit ke-69.

Di sisa waktu, Arsenal masih sempat menambah keunggulan. Walcott sukses mengukir hattrick setelah kembali memaksimalkan umpan Sanchez di menit ke-84. Hattrick Walcott menutup laga tersebut dengan kemenangan 5-0 Arsenal.

Susunan Pemain:

Southampton (4-3-3): Lewis; Martina, Gardos, Stephens, Clasie, Hojbjerg, Isgrove (Tadic 64), Reed, McQueen, Sims, Long (Redmond 65)

Arsenal (4-3-3): Ospina; Gibbs, Mustafi, Bellerin, Holding, Oxlade-Chamberlain, Maitland-Niles, Reine-Adelaide (Iwobi 72), Walcott, Welbeck (Sanchez 65), Perez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.