Sukses

5 Klub Italia Pengoleksi Talenta Lokal Terbanyak

AC Milan menjadi salah satu pengoleksi pemain lokal tertinggi.

Liputan6.com, Roma - AC Milan menjadi salah satu klub raksasa Italia yang belakangan gemar mengembangkan bakat pemain muda Italia. Tercatat tujuh pemuda lokal masuk tim inti I Rossoneri.

Namun, bukan hanya pemain muda saja yang mereka kembangkan. Segelintir pemain veteran juga dipertahankan. Selain bisa memberi contoh bagi pemain muda, para senior merupakan jantung kekuatan bagi masing-masing tim.

Seperti yang berlaku di Juventus. Ada Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Claudio Marchisio, dan Leonardo Bonucci di sana. Total, seiring masuknya pemain junior, Nyonya Tua sudah memiliki 17 pemain Italia di skuad mereka.

Terakhir, Inter Milan pun tak mau ketinggalan. Pelatih Inter Stefano Pioli menyadari kekuatan tim Italia datang dari talenta dalam negeri. Mereka pun memulai rencana mengoleksi bakat lokal dengan memboyong Roberto Gagliardini dari Atalanta.

Nyatanya, geliat klub Liga Italia mengoleksi pemain Italia ini bukan hanya dilakoni nama besar saja. Tim-tim kecil kecil pun melakukannya. Dengan keterbatasan modal untuk berbelanja pemain, mereka pada akhirnya lebih memilih mengembangkan bakat talenta asli binaan akademi.

Bahkan tak disangka, tim yang paling banyak memiliki pemain Italia bukan para raksasa seperti Inter Milan atau Juventus. Melainkan tim kurcaci yang dari musim ke musim hanya bisa berkutat di papan tengah kalau bukan di dasar klasemen.

Berikut lima tim Liga Italia musim 2016-2017 yang paling banyak memiliki pemain lokal, seperti dikutip dari World Football:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sassuolo

Sassuolo menjadi klub dengan pemain pribumi paling banyak. Tim asuhan Eusebio di Fransisco itu memiliki 28 pemain Italia dari total 35 nama yang ada di skuad pada musim 2016-2017.

Sassuolo. (AP/Antonio Calanni)

Dengan kata lain, Sassulo hanya memiliki tujuh pemain asing di skuad mereka. Dalam daftar penyerang, misalnya, mereka punya Gregoire Defrel, yang berasal dari Prancis. Sedangkan empat kiper yang ada seluruhnya asli Italia.

Salah satu pemain mereka yang menonjol dan menarik minat banyak klub adalah Domenico Berardi. Striker berumur 22 tahun itu dikabarkan diincar Inter Milan.

Meski mengadalkan produk dalam negeri, klub yang berasal dari kota penghasil keramik ini mampu bersaing dengan tim-tim kuat. Hingga giornata ke-21, mereka duduk di peringkat ke-14 dengan meraih 24 poin.

3 dari 6 halaman

Pescara

Pescara. (Gonews)

Seperti halnya Sassuolo, Pescara juga memiliki banyak pemain Italia. Total mereka punya 26 pemain lokal di skuad mereka.

Sekali lagi, faktor keterbatasan dana membuat mereka lebih fokus mengembangkan pemain-pemain lokal ketimbang harus membeli pemain asing. Tercatat, hampir 80 persen pemain Italia mereka lahir di atas tahun 1990.

Namun sayang, kiprah mereka di Liga Italia musim ini masih belum meyakinkan. Hingga pekan ke-21, mereka terus menjadi juru kunci dengan hanya mengoleksi 9 poin. Pescara baru menang satu kali, seri enam kali, dan menelan 14 kekalahan.

4 dari 6 halaman

Cagliari

Cagliari memiliki 22 pemain Italia dari total 35 pemain yang mereka punya. Satu di antaranya adalah striker berpengalaman Marco Boriello.

Dengan komposisi pemain yang ada, Cagliari sanggup bersaing di papan tengah klasemen Liga Italia. Mereka bercokol di peringkat 12, mengoleksi 26 poin dari 21 pertandingan yang sudah mereka mainkan.

Akhir pekan ini, anak-anak asuh Massimo Rastelli akan menghadapi Bologna. Keduanya tengah mengantongi jumlah poin sama.

Cagliari. (AP/Luca Bruno)

5 dari 6 halaman

Crotone

Total, Crotone memiliki 19 pemain Italia. Jumlah tersebut mengalahkan jumlah koleksi Juventus dan AS Roma, yang masing-masing memiliki 17 dan 16 pemain Italia.

Dengan banyaknya pemain Italia yang mereka miliki, starting line-up mereka pun senantiasa dipenuhi pemain Italia.

Crotone. (ESPN)

Seperti pada laga melawan Empoli hari ini. Kecuali gelandang Marcus Rohden, sepuluh pemain lain yang mengisi tim utama hampir pasti berasal dari dalam negeri.

6 dari 6 halaman

AC Milan

Milan sejatinya sama dengan Atalanta, sama-sama memiliki 18 pemain Italia di skuad mereka. Keduanya juga dikenal sama-sama mengembangkan bakat pemain muda di akademi sepak bola.

AC Milan. (AFP/Karim Jaafar)

Jika Atalanta menghasilkan Roberto Gagliardini dan Mattia Caldara, Milan punya Gianluigi Donnarumma, Luca Antonelli, Manuel Locatelli dan masih banyak lagi. Bahkan, dari 18 pemain Italia yang Milan miliki, 10 di antaranya sering diturunkan sebagai starter.

Milan memang bermaksud membangun proyek pemain Italia untuk masa depan. Hasilnya mulai terlihat musim ini. Dengan pemain-pemain muda Italia, Milan mulai bangkit dari keterpurukan dan bersaing untuk memperebutkan tempat di Liga Champions. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia

    Inter Milan