Sukses

Lima Klub Siap Gelar Piala Presiden

Kelima klub yang bertindak sebagai tuan rumah siap menggelar Piala Presiden yang mulai bergulir 4 Februari 2017.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI menyatakan lima klub yang menjadi tuan rumah Piala Presiden 2017 siap menggelar turnamen pra-musim itu. Kelima klub itu adalah PSS Sleman, Arema FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

"Semuanya sudah siap, termasuk stadion dan hotel. Khusus pembukaan di Sleman, PSSI akan mengambil alih penyelenggaraan karena rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo," kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017 Iwan Budianto di Jakarta, Selasa (31/1/2017), seperti dikutip dari Antara.

Sementara lima stadion yang akan menggelar turnamen ini adalah Stadion Maguwoharjo, Sleman; Stadion Kanjuruhan, Malang; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali; dan Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Acara pembukaan diadakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 4 Februari mendatang. Sedangkan penutupan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 12 Maret.

Iwan mengatakan setiap tuan rumah akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 800 juta yang digunakan untuk menjamu tiga tim lainnya di grup. "Selain itu ada biaya transportasi kepada tim-tim peserta Piala Presiden, selain tuan rumah masing-masing Rp 100 juta," ucap Iwan.

"Khusus untuk Persipura Jayapura dan Perseru Serui, jumlahnya lebih sekitar 25 persen karena jaraknya lebih jauh."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Format pertandingan

Piala Presiden diikuti 20 klub yang dibagi ke dalam lima grup. Nantinya, hanya pemuncak klasemen dan tiga runner up terbaik yang lolos ke perempat final.

Di perempat final dan final, pertandingan bakal dilaksanakan dalam format laga tunggal (single match), sementara di semifinal dihelat dalam skema kandang-tandang.

Khusus untuk perempat final, stadion tempat penyelenggaraan pertandingan ditentukan kemudian. Juara Piala Presiden 2017 nantinya menerima hadiah Rp 3 miliar, peringkat kedua Rp 2 miliar, peringkat ketiga Rp 1 miliar, dan peringkat empat Rp 500 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.