Sukses

3 Atlet Dunia Pemilik Rekor Olahraga yang Sulit Dilupakan

Mereka membuat pencinta olahraga dunia tercengang dengan rekor tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua orang mempunyai kesempatan untuk mendapatkan label sebagai pemilik rekor dunia. Bahkan demi mencatatkan namanya di buku rekor, beberapa orang rela melakukan sederet hal yang terbilang cukup gila.

Sejumlah atlet termotivasi untuk memecahkan rekor. Ambisi menjadi yang terbaik membuat para atlet mampu menorehkan prestasi yang di luar dugaan hingga mencengangkan dunia.

Bahkan, Guinness Book of World Records turut mencatat berbagai catatan terbaik yang pernah tercipta di dunia olahraga. Torehan yang para atlet itu buat sulit dilupakan oleh pencinta olahraga seluruh dunia.

Capaian tersebut tentu buah dari kerja keras dan motivasi ekstra untuk menjadi yang terbaik. Berikut tiga rekor atlet dunia yang sulit dilupakan pencinta olahraga:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelari Tercepat

1. Pelari Tercepat

Usain Bolt disebut-sebut sebagai manusia tercepat di dunia. Atlet kelahiran  Sherwood Content, Jamaika, 21 Agustus 1986 itu adalah sprinter pertama yang memegang rekor di nomor 100 meter dan 200 meter.

Bolt pernah membuat semua orang terkejut dengan catatan waktu yang dicetak pada Kejuaraan Atletik Dunia di Berlin, 2009. Saat itu penggemar berat Manchester United itu mencetak waktu 9,58 detik.

Bolt kembali memperbaiki catatannya di Olimpiade 2012, dengan mencetak waktu 9,63 detik. Dia pun dianggap sebagai sprinter terbaik sepanjang masa.

3 dari 4 halaman

Gol Tercepat

2. Gol Tercepat

Berbicara mengenai urusan mencetak gol rasanya kurang sah jika tak membahas Nicklas Bendtner. Pemain berpaspor Denmark itu pernah membuat rekor dunia saat membela Arsenal.

Tepatnya 22 Desember 2007, Bendtner berhasil mencetak rekor sebagai pemain pengganti dengan gol tercepat untuk Arsenal. Bendtner mampu mencetak gol 1,8 detik setelah dirinya dipasang sebagai pemain pengganti. Rekor tersebut tercipta saat pertandingan derby London Utara yang mempertemukan Arsenal dengan Tottenham Hotspur.

Gol tersebut berawal dari sepak pojok Cecs Fabregas. Dengan cerdik dia pun menyundul bola yang tak mampu dibendung oleh Kiper Totenham, Paul Robinson, dan membuahkan gol. Arsenal pun meraih kemenangan dalam laga tersebut dengan skor 2-1.

4 dari 4 halaman

Tujuh Kali Beruntun Juara All England

3. Tujuh Kali Beruntun Juara All England

Orang Indonesia juga mempunyai pemilik rekor dunia yakni Rudy Hartono. Rudy Hartono adalah orang Indonesia pertama yang berhasil masuk dalam daftar rekor dunia saat menggondol trofi juara di All England yang notabenenya merupakan turnamen bulu tangkis tertua di dunia.

Dalam periode tahun 1968 hingga 1974, nama Rudy terukir pada trofi All England selama tujuh kali berturut-turut. Dan pada tahun 1976 dia sukses menggondol trofi kedelapannya.

Hingga kini pun, rekor delapan kali juara All England tersebut tak tersentuh oleh pebulutangkis lainnya. Rudy Hartono dikenal sebagai legenda bulu tangkis dunia. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.