Sukses

Lima Pemain Andalan Juventus Musim Ini

Juventus punya materi pemain yang merata musim ini.

Liputan6.com, Jakarta Juventus masih perkasa di Liga Italia Serie A musim ini. Hingga giornata ke-22, Juventus masih memuncaki klasemen dengan 51 poin, unggul empat angka dari pesaing terdekatnya, AS Roma.

Bianconeri bahkan baru bermain 21 kali dan masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Itu artinya, mereka bisa memperlebar jarak menjadi tujuh apabila memenangkan pertandingan tersebut.

Tentu saja, performa Juventus tidak terlepas dari kehebatan skuad yang mereka miliki. Bisa dikatakan, kekuatan skuad Nyonya Tua merata di setiap lini. Tak hanya kuat di pertahanan, Juventus juga impresif dalam serangan. Kehadiran punggawa-punggawa macam Paulo Dybala, Miralem Pjanic, dan Gonzalo Higuain membuat daya gedor mereka semakin tajam.

Berikut ini adalah lima pemain yang menjadi andalan Juventus di balik kesuksesan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gonzalo Higuain

1. Gonzalo Higuain

Penyerang Argentina ini menjadi ujung tombak andalan Juventus musim ini. Ia selalu menjadi pilihan utama di lini depan Juventus, baik ketika bermain dengan tiga striker, dua striker, maupun satu striker. Kehadirannya nyaris tak tergantikan oleh striker lainnya yang dimiliki Bianconeri, termasuk Mario Mandzukic.

Dibeli dari Napoli dengan harga 90 juta euro, musim ini Higuain memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan koleksi 15 gol dari 21 pertandingan di Serie-A, bersama Mauro Icardi (Inter Milan) dan Edin Dzeko (AS Roma).

Sedangkan di Liga Champions, pria yang akrab disapa Pipita ini telah mengoleksi tiga gol dari lima pertandingan. Maka tak ayal, Higuain adalah satu sosok penting bagi Juventus musim ini.

Striker 29 tahun ini tak hanya mahir dalam mengolah umpan menjadi gol. Sesekali ia juga mampu menggiring bola sendiri ke dalam kotak penalti lawan sebelum menceploskan bola ke gawang.

3 dari 6 halaman

2. Paulo Dybala

2. Paulo Dybala

Paulo Dybala memang tak serajin Higuain dalam urusan mencetak gol. Musim ini, dari 23 penampilannya di semua kompetisi, Dybala baru mencetak sembilan gol. Lima di antaranya ia cetak di Serie A.

Namun, penyerang 23 tahun ini punya kelebihan khusus, yakni mengeksekusi bola mati. Dari 23 percobaan tendangan bebas yang ia ambil, empat di antaranya berubah menjadi gol. Namanya pun masuk dalam daftar eksekutor tendangan bebas terbaik saat ini.

Tak ayal, di usianya yang masih muda, ia sudah diincar oleh dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Keduanya bahkan telah mengajukan tawaran fanstastis, yakni sebesar 80 juta euro. Namun, itu pula yang menjadikannya sebagai salah satu pemain penting Juventus musim ini, yang membuatnya tak akan dijual.

4 dari 6 halaman

3. Sami Khedira

3. Sami Khedira

Di antara sederet gelandang yang dimiliki Juventus, Sami Khedira masih tetap menjadi yang andalan utama. Dengan postur tubuh setinggi 189 sentimeter, ia bisa membantu pertahanan, menyuplai umpan ke depan, sekaligus juga rajin mencuri kesempatan untuk mencetak gol. Tercatat, dari 18 penampilannya musim ini, ia sudah mencetak empat gol dan tiga assist.

Sebagai pemain yang cukup berpengalaman, Khedira tak hanya diandalkan di Serie A. Mantan pemain Real Madrid ini juga menjadi kepercayaan pelatih Massimiliano Allegri untuk mengisi pos lini tengah Juventus di Liga Champions.

Adapun Khedira (29 tahun) bergabung dengan Juventus pada 1 Juli 2015 dengan status bebas transfer setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Real Madrid. Ia dikontrak Juventus hingga 30 Juni 2019. Belakangan, ia diisukan akan hengkang ke klub Major League Soccer.

5 dari 6 halaman

4. Leonardo Bonucci

4. Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci merupakan bek utama Juventus musim ini. Bersama Giorgio Chiellini, ia hampir selalu hadir dalam formasi Juventus di setiap pertandingan, baik ketika bermain dengan tiga bek maupun empat bek.

Dengan tinggi mencapai 1,9 meter, Bonucci selalu mengawal ketat pertahanan Juventus. Ia juga kerap memenangkan bola-bola di udara dengan mudah. Ia memiliki disiplin tinggi dalam menjaga lini belakang Juventus, dan tekelnya sangat jarang menyakiti lawan. Dan, sesekali ia juga mencuri kesempatan mencetak gol dari tendangan bebas atau sepak pojok. Tak mengherankan jika kemudian ia masuk dalam Tim UEFA 2016.

Dengan kemampuannya itu, Juventus sungguh tak rugi membelinya dari Bari seharga 15,5 juta euro pada 2010 lalu. Kini, pemain berusia 29 tahun itu menjadi incaran klub-klub besar Eropa, seperti Chelsea dan Manchester City. Chelsea bahkan telah menawarnya seharga Rp 1 triliun di bursa transfer Januari kemarin.

6 dari 6 halaman

5. Gianluigi Buffon

5. Gianluigi Buffon

Kiprah Buffon di bawah mistar gawang Juventus memang tak tergantikan. Dari musim ke musim sejak ia dibeli dari Parma 16 tahun lalu, ia tetap menjadi kiper andalan Nyonya Tua.

Buffon baru saja berulang tahun ke-39 pada 28 Januari lalu. Namun, hingga sekarang, kapten Juventus dan tim nasional Italia itu masih cekatan membaca arah bola. Bersama Leonardo Bonucci, namanya pun masuk dalam Tim UEFA 2016.

Selama 16 tahun berseragam Juventus, Buffon telah mempersembahkan 7 gelar Scudetto dan dua piala Coppa Italia. Sebelum pensiun, ia bertekad memenangkan Liga Champions yang belum pernah dirasakannya selama kariernya. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

Video Terkini