Sukses

5 Pelatih Asing Ini Hiasi Piala Presiden 2017

Sebelum tampil di Piala Presiden 2017, mereka juga sempat menangani beberapa klub Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Selain ajang pramusim dan tes bagi klub-klub sebelum tampil di kompetisi sesungguhnya, Piala Presiden 2017 juga jadi pertaruhan bergengsi para pelatih asing. Tercatat, setidaknya ada lima pelatih asing yang akan menghiasi turnamen pramusim ini.

Nama-nama ini bisa dibilang tak terlalu asing di sepak bola Tanah Air. Sebelum tampil di Piala Presiden 2017, mereka juga sempat menangani beberapa klub Indonesia.

Ada yang berhasil, tak sedikit pula tak sesuai ekspetasi. Namun, di luar itu, hadirnya pelatih asing sebenarnya cukup bagus juga buat sepak bola Indonesia.

Sebab, mereka pasti bakal menularkan ilmu kepada para pemain Indonesia. Lantas, siapa saja pelatih asing yang bakal hiasi Piala Presiden 2017? Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alfredo Vera

Persipura Jayapura mengonfirmasi bakal kembali dikomandoi oleh juru taktik asal Argentina, Alfredo Vera. Tentu, tangan dingin Vera masih dinantikan di Mutiara Hitam.

Angel Alfredo Vera (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Apalagi, Vera sendiri sukses membangkitkan gairah bermain Boaz Solossa dan kawan-kawan. Buktinya, dia berhasil membawa Persipura juara ISC 2016 meski agak terseok-seok di awal musim.

Di Piala Presiden, target jadi yang terbaik pun dipasang. Persipura ingin jadi juara.

3 dari 6 halaman

Simon McMenemy

Nama Simon McMenemy juga tak asing di Indonesia. Pelatih asal Inggris ini pada kompetisi 2017 bakal menukangi Bhayangkara FC.

Simon McMenemy (Istimewa)

Simon sendiri pernah tangani Pelita Bandung Raya dan Mitra Kukar. Namun, usia melatihnya hanya seumur jagung.

Prestasi terbaik Simon sendiri hanya mampu membawa timnas Filipina ke semifinal Piala AFF 2010 lalu. Ketika itu, mereka disingkirkan Indonesia.

4 dari 6 halaman

Stefano Cugurra Teco

Persija Jakarta kembali memutuskan untuk ditukangi oleh pelatih asing. Kali ini pilihan mereka jatuh kepada pelatih asal Brasil, Stefano Teco.

Stefano Cugurra Teco (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Teco sendiri tak asing di Indonesia. Dia pernah menjadi pelatih fisik di Persebaya Surabaya pada 2000-an.

Kini, dia punya segudang ilmu dari petualangannya di Thailand. Teco sendiri pernah didaulat menjadi Thai Premier League Coach of the Month pada Februari 2015.

5 dari 6 halaman

Gomes de Oliveira

Gomes tentu bakal kembali menularkan tangan dinginnya di Madura United. Musim lalu, bisa jadi pelajaran bagi pelatih asal Brasil ini.

Gomes de Oliveira. (Liputan6.com/Risa Rahayu Kosasih)

Betapa tidak, pada putaran pertama TSC 2016, Gomes sukses membawa MU ke puncak klasemen. Sayang, mimpi itu memudar pada putaran kedua dan MU sendiri hanya finis di posisi ketiga klasemen.

Kini, bersama beberapa tambahan pasukan baru, Gomes tentu bisa membawa MU terbang tinggi. Dengan nama-nama seperti Greg Nwokolo, hingga Luis Carlos Junior cukup dinantikan tangan dinginnya.

6 dari 6 halaman

Jacksen F Tiago

Jacksen F Tiago mungkin bakal menjadikan musim 2017 ini menakjubkan buat Barito Putera. Dia baru masuk nyaris di akhir musim TSC 2016 lalu sehingga belum bisa buktikan kinerjanya.

Jacksen F Tiago (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Kini, berbekal pengalaman yang segudang, Jacksen bisa menyulap Barito seperti Persipura Jayapura. Tak berlebihan rasanya, karena pelatih asal Brasil ini sudah kenyang pengalaman.

Jacksen sendiri sudah cukup lama malang-melintang di sepak bola Indonesia. Sebagai pemain, dia juga sempat membela Petrokimia Gresik dan Persebaya Surabaya.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini