Sukses

Senam Indonesia Bisa Berprestasi di Asian Games 2018

Atlet senam Indonesia bisa mengincar medali ketika menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) mendapat dukungan dari Persatuan Senam Asia (AGU) untuk menyukseskan Asian Games 2018 di Indonesia.

AGU menyampaikan komitmen membantu Indonesia pada Executive and Technical Committees Meetings di Hotel Fairmont, Jakarta, (4/2/2017). Presiden AGU Abdul Rahman Al-Shathri dan Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Morinari Watanabe juga menyuarakan optimisme terkait kesuksesan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games tahun depan.

"Kami dapat hasil yang sangat bagus dalam pertemuan tadi. Kami berkomitmen untuk saling membantu dan bekerja sama selama Asian Games," ucap Al-Shathri dalam jumpa pers.

Senada dengan Al-Shathri, Watanabe menyinggung soal keunggulan Asia dalam mencetak atlet berprestasi sehingga menjadi kiblat senam dunia. Baginya, Indonesia punya kans untuk maju apalagi akan menjadi tuan rumah event internasional.

"Asia masih jadi yang terbaik di dunia dalam hal senam. Semua orang tau Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Kami terus berupaya merangkum negara-negara Asia lainnya," kata Watanabe.

"Saya sudah melihat fasilitas senam di Indonesia. Jangan lupa kalau ada banyak nomor di senam dan Asian Games nanti jadi momen untuk mendulang emas," tuturnya.

Persani akan mengadakan kegiatan senam sehat massal di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (5/2/2017) pagi. Event bertajuk Senam Sehat Bersama Pesani tersebut akan melibatkan 1.500 peserta dari puluhan klub senam di DKI Jakarta, serta wakil delegasi AGU yang tengah berada di Jakarta.

"Kami ingin antara AGU dan panpel Asian Games menghasilkan persepsi yang sama soal penyelenggaraan Asian Games. Tadi kami sepakat kompetisi pra-event harus dilaksanakan, bukan level lokal saja, tapi harus ada negara yang diundang," ucap Ketua I Persani Ita Yuliati.

"Masalah krusial yang dibahas tadi soal jumlah juri internasional karena nomor dalam olahraga senam sangat banyak," tutur Ita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.