Sukses

Kembali Bangkitkan Senam, Ini Harapan Besar Persani

Persani ingin atlet-atlet senam Indonesia bisa berprestasi di ajang-ajang internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Hajat senam kolosan yang digelar Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Lokasi acara di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Minggu (5/2/2017), dipenuhi pengunjung.

Seperti yang direncanakan sebelumnya, acara bertajuk Sehat Bersama Persani itu dihadiri 1.500 peserta dari berbagai klub senam di Indonesia. Hajat itu juga menjadi puncak dari pertemuan tahunan Persatuan Senam Asia (AGU) pada 3-4 Februari 2017.

Karenanya, beberapa delegasi AGU seperti Presiden Abdul Rahman Al-Shathri ikut meramaikan senam kolosal itu. Hadir juga Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Morinari Watanebe. Karenanya, Ilya Avianti, Ketua PB Persani, berharap acara itu menjadi tonggak kebangkitan senam di Indonesia.

"Ini adalah ajang untuk kembali menggerakkan senam di Indonesia. Bukan hanya dilakukan per kelompok senam, kami ingin menyatukan kembali mereka di Persani. Ini juga bentuk persiapan agar kami mulai bisa mendapatkan bibit-bibit atlet senam yang bisa memberikan prestasi. Apalagi di depan ada SEA Games dan Asian Games," ucap Ilya.

Peserta saat mengikuti senam bersama yang digelar Persani di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (5/2). Persani gelar acara senam bersama untuk kembali mensosialisasikan senam kepada masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Kepengurusan Persani di bawah pimpinan Ilya sendiri baru saja dilantik KONI pada awal Februari ini. Jadi, senam kolosal ini adalah acara pertama yang digelar Persani di bawah pimpinan Ilya.

"Ini adalah kegiatan pertama kami sebagai pengurus baru. Mudah-mudahan ke depannya ini menjadi kegiatan rutin. Kesempatan ini juga kami manfaatkan untuk memperlihatkan kepada AGU bahwa Indonesia memiliki pesenam-pesenam andal," ia menambahkan.

Tatsuo Taraki, Presiden Gymnastic for All, juga mengapresiasi antusias masyarakat yang hadir di acara itu. Kebetulan, Taraki juga sempat menjadi instruktor di sesi gerakan senam gymnastic for all pada awal acara.

"Ini adalah event yang hebat. Gymnastic for All adalah salah satu jenis olahraga yang sangat penting. Itu karena senam adalah kesehatan, senam adalah gerakan santai. Hari ini mereka semua menikmati, saya pikir itu luar biasa. Congratulation!," tegas Taraki yang juga penggagas gerakan-gerakan Gymnastic for All.

Ketua Umum PB Persani, Ilya Avianti dan perwakilan negara anggota Persatuan Senam Asia (AGU) berfoto bersama saat pembukaan senam bersama yang digelar Persani di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (5/2). (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Dalam kesempatan yang sama, Ita Juliati selaku Ketua I Persani juga mengungkapkan harapan besarnya. Menurutnya, acara ini adalah sebuah gebrakan agar Persani lebih dikenal di masyarakat luas.

"Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan kembali senam kepada karyawan dan anak-anak di sekolah. Kami ingin kembali menggalakkan SKJ seperti dulu, tak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk manula," timpal Ita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.