Sukses

Menerka 3 Formasi MU dengan Kehadiran Griezmann

Griezmann santer dikabarkan bakal bergabung dengan MU musim panas nanti.

Liputan6.com, Manchester - Sedia payung sebelum hujan. Pribahasa itu rasanya tepat untuk menggambarkan pergerakan isu transfer Antoine Griezmann dari Atletico Madrid ke Manchester United (MU). Terlepas apakah dia bakal datang ke Old Trafford atau tidak, maka tak ada salahnya untuk melihat kemungkinan taktik yang bakal diterapkan Jose Mourinho jika pemain berpaspor Prancis itu gabung dengan Setan Merah.

Jauh sebelum spekulasi tentang masa depan Griezmann ramai di media Eropa. Pemain serbabisa ini pernah mengatakan dia lebih memprioritaskan untuk menjajal kompetisi tersibuk di dunia yakni Liga Inggris ketimbang liga lainnya. Alasan kuatnya adalah karena ada banyak pemain hebat yang berada di sana.

Persoalannya sekarang adalah mampukah MU menebus harga transfer Griezmann yang dilaporkan sebesar 100 juta euro atau sekira Rp1,4 triliun? Mengenai masalah harga kemungkinan nilai jual Griezmann bukan menjadi persoalan buat MU. Apalagi ada beberapa pemain yang siap untuk dilego pada bursa transfer musim panas mendatang.

Jika pada akhirnya kedua belah pihak mencapai kesepakatan, maka giliran Jose Mourinho yang bakal sakit kepala. Pasalnya dia harus meracik formasi yang tepat buat pemain bernomor punggung 7 tersebut.

Berikut adalah tiga formasi MU jika Griezmann jadi bergabung:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4-2-3-1

1. Formasi ideal 4-2-3-1

Formasi ini tampaknya agak bijaksana untuk melihat kemampuan pemain secara individu. Apalagi jika berbicara tentang Griezmann.

Pemain ini jauh sebelumnya sudah dikenal sebagai striker kedua di mana dia bisa pemain pelapis ketika tim kehilangan stok penyerang. Jika dilihat ini akan cocok untuk berada tepat di belakang Zlatan Ibrahimovic.

Selain masalah usia Ibrahimovic yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Griezmann juga punya kemampuan yang tak kalah hebat dengan predator lain, terutama dalam hal men-dribble bola dan duel di udara.

Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki pemain berambut pirang tersebut. Dengan formasi ini kemungkinan Griezmann bakal bersinar mengingat ada gelandang hebat seperti Paul Pogba yang siap mengatur ritme permainan Setan Merah.

3 dari 4 halaman

4-3-3

2. Formasi 4-3-3

Agak membingungkan ketika berbicara mengenai formasi 4-3-3, terutama ketika Manchester United masih dilatih Jose Mourinho. Karena ini bukan taktik ideal yang digunakan pelatih apalagi buat pemain Setan Merah

Tapi, ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika MU berhasil mendatangkan Griezmann. Mourinho bisa menempatkan pemain berusia 25 tahun tersebut di posisi sayap.

Posisi sayap kanan sangat ideal buat Griezmann saat dia berkolaborasi dengan Zlatan Ibrahimovic dan Anthony Martial atau Henrikh Mkhitaryan. Penempatan pemain ini sangat cocok mengingat mereka mampu menyisir sisi pertahanan lawan dengan sangat efektif.

4 dari 4 halaman

4-3-2-1

3. Formasi 4-3-2-1

Sebelum gabung dengan Atletico Madrid 2014, Griezmann pernah dianggap sebagai salah satu pemain bertalenta dalam sepak bola Eropa. Karena dia mampu memainkan peran tidak hanya sebagai winger saja tapi terkadang menempati posisi penyerang sewaktu masih membela Real Sociedad.

Tapi jangan salah, pemain yang memiliki tinggi 1.76 cm itu punya senjata pemungkas yakni mampu memenangkan duel di udara. Tak hanya itu saja, dia punya kecepatan mengejar bola yang tak kalah dari striker dunia.

Jadi, tak ada salahnya jika menempatkan Henrikh Mkhitaryan atau Anthony Martial untuk mengawal pergerakan Griezmann. Dengan menampilkan kelincahan dan kecepatan pemain, maka ini bisa dijadikan sebagai senjata utama mereka. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Antoine Griezmann adalah pemain sepak bola muda tim Atlético Madrid
    Antoine Griezmann adalah pemain sepak bola muda tim Atlético Madrid

    Antoine Griezmann

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU