Sukses

3 Hal yang Belum Diketahui tentang Messi

Federasi Sepak Bola Argentina pernah salah menulis nama Lionel Messi menjadi Lionel Mecci.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali membuat penikmat sepak bola di seluruh dunia berdecak kagum. Jimat Barcelona itu sukses menorehkan namanya dalam daftar sejarah klub setelah mencetak gol lewat tendangan bebas saat Blaugrana menekuk Athletic Bilbao 3-0 di Camp Nou, akhir pekan lalu.

Gol yang dicetak Messi terkesan istimewa. Sebab, pemain bernomor punggung 10 tersebut menceploskan bola lewat tendangan bebas dari sudut sempit. Meski kiper Bilbao Gorka Iraizoz berusaha menghalau, bola tetap meluncur deras masuk ke gawang.

Itu merupakan gol ke-27 Messi bersama Barcelona dari tendangan bebas. Dia pun sukses melewati rekor legenda klub, Ronald Koeman (26 gol).

Meski menang, Barcelona masih tertahan di peringkat kedua dengan 45 angka atau selisih satu poin dari pemuncak klasemen Liga Spanyol, Real Madrid. Meski begitu, ada sisi lain Messi yang mungkin belum diketahui banyak penggemarnya.

Berikut 3 hal yang belum diketahui tentang Messi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kertas Serbet

Carles Rexach adalah orang pertama yang menemukan bakat Messi. Pria yang ketika itu menjabat Direktur Olahraga Barcelona menerima informasi bahwa ada seorang "bocah ajaib" dari Argentina yang butuh pertolongan.

Tanpa pikir panjang, Rexach langsung terbang ke negara itu untuk menyaksikan Messi bermain. Betapa terkejutnya saat menyaksikan kemampuan bocah 13 tahun tersebut di lapangan hijau.

Sadar akan potensi Messi, Rexach buru-buru membuat kontrak. Karena waktu mepet dan tidak ada kertas, Rexach nekat membuat kontrak di atas sebuah serbet makan. Ia benar-benar khawatir kehilangan Messi kecil.

Dalam kontrak tersebut disebutkan Barcelona akan menanggung biaya pengobatan Messi asalkan ia pindah dan menetap di Barcelona. Keluarga Messi pun menyetujui kontrak tersebut. Messi dan ayahnya lalu pindah permanen ke Spanyol.

3 dari 4 halaman

2. Lionel Messi atau Leonel Mecci?

Salah satu penyebab Messi sulit diterima negaranya sendiri karena dia dianggap bukan produk dari sepak bola Argentina. La Pulga terpaksa meninggalkan kampung halamannya di Rosario karena membutuhkan pengobatan untuk menanggulangi masalah kekurangan hormon perkembangan tubuh.

Walau jauh meninggalkan kampung halaman, Messi mampu mengharumkan negaranya melalui prestasi yang dibuat bersama Barcelona. Sejak saat itu dia digadang-gadang memiliki kemiripan permainan melawan Diego Maradona.

Singkat kata, ketika Messi pertama kali dipanggil untuk membela Timnas Argentina, untuk memperkuat U-20, Federasi Sepak Bola Argentina sampai salah menulis namanya. Dalam surat pemanggilan, mereka justru menuliskan nama Leonel Mecci dan bukan Lionel Messi.

4 dari 4 halaman

3. Inmessionate

Pada 2013, nama Lionel Messi masuk dalam kamus Spanyol versi terbaru. Inmessionante dimasukkan dalam kamus bahasa Spanyol untuk memberikan penghormatan pada penyerang mungil ini.

Kata Inmessionante sendiri mempunyai dua arti. Pertama, berarti cara sempurna bermain sepak bola, sebuah kemampuan tidak terbatas untuk terus berkembang. Adapun, pengertian kedua mengandung arti menggambarkan pemain terbaik sepanjang masa.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Messi