Sukses

5 Museum Pesepak Bola Dunia, Ada Ronaldo

Ronaldo memiliki museum dengan nama Museu CR7 di Mandeira, Portugal.

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo merekam semua jejak karier sepak bola profesional dalam sebuah museum pribadi. Museum yang terletak di Funchal, Mandeira, Portugal itu dibuka pada 15 Desember 2013 lalu.

Bukan tanpa alasan Ronaldo memilih Mandeira sebagai lokasi museum pribadinya. Sebab, di kota tersebut megabintang Real Madrid ini mulai belajar mengolah si kulit bundar.

Museum yang dinamakan Museu CR7 itu memajang jersey, foto, dan berbagai memorabilia sejak Ronaldo kecil hingga menjadi pesepak bola hebat. Selain itu, empat bola emas yang dimenangkan Ronaldo dalam ajang Ballon d'Or juga dipajang di museum ini.

Selain Ronaldo, ada sejumlah pesepak bola lainnya yang dibuatkan museum. Siapa saja mereka? Berikut lima musim pesepak bola dunia seperti dilansir Sportkeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Museum Lionel Messi

Produsen sepatu asal Jerman, Adidah, membuka sebuah museum mini di museum Barcelona. Museum yang dinamai Museo Adidas & Messi ini berisikan semua barang yang berkaitan dengan Messi, mulai dari jersey hingga sepatu.

Selain itu, di museum juga terdapat lima trofi Ballon d'Or dan dua sepatu emas yang dimenangkan Messi. Ada enam etalase khusus untuk menampung penghargaan-penghargaan yang sudah diraih pemain berjuluk La Pulga itu.

Selain trofi, disediakan pula dua meja yang diisi televisi. Pada layar televisi, pengunjung bisa melihat setiap gol yang dicetak Messi bersama Barcelona. Tak hanya itu, mereka juga bisa memberikan suara untuk memilih gol terbaik yang dibuat Messi.

3 dari 6 halaman

4. Museum Johan Cruyff

Johan Cruyff merupakan legenda Barcelona. Dia membantu klub Catalan ini memenangkan gelar pertama Liga Spanyol pada 1974. Setelah itu, Cruyff membantu Barcelona memenangkan trofi Liga Champions pertama pada 1992 saat menjadi pelatih.

Ketika melatih Barcelona, Cruyff melahirkan sejumlah pesepak bola top dunia, seperti Ronald Koeman (manajer Everton), Pep Guardiola (manajer Manchester City), dan Luis Enrique (pelatih Barcelona). Cruyff yang mengenalkan sepak bola Tiki Taka di Barcelona, sistem yang masih digunakan hingga saat ini.

Atas jasanya itu, Cruyff dibuatkan museum yang terletak di distrik El Born, Barcelona. Museum itu berisikan jersey, trofi, sepatu, kontrak, dan pakaian santai milik Cruyff.

4 dari 6 halaman

3. Museum Diego Maradona

Alberto Perez mengubah bekas rumah Diego Maradona menjadi museum. Rumah yang terletak di Buenos Aries, Argentina, itu pernah ditempai Maradona antara 1978 dan 1980.

Lebih dari 2.000 benda pribadi Maradona yang dipamerkan di mesuem tersebut, termasuk sepatu bola tuanya serta beberapa foto-foto lama.

Maradona memulai karier sepak bolanya di Argentinos Juniors pada 1978-81. Setelah itu, ia bermain untuk Boca Junior dan klub raksasa Spanyol, Barcelona, dan klub Italia, Napoli.

Pemain yang dikenal dengan gol tangan Tuhan itu membawa Argentina memenangkan trofi Piala Dunia 1986. Maradona juga memenangkan sejumlah trofi Copa America dengan Selecao (julukan Timnas Argentina).

"Kami mengangkat Diego di Argentinos Junior... Kita tak bisa melupakan apa yang Diego dberikan untuk klub dan lingkungan. Di tingkat dunia, mereka tahu kami karena dia," kata Perez, yang merupakan seorang kolektor, bangga.

5 dari 6 halaman

2. Museum Pele

Pemerintah Brasil tak menyia-nyiakan kemeriahan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Bertepatan dengan turnamen sepak bola akbar empat tahunan itu, pemerintah Brasil memberikan Pele sebuah museum. Ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa Pele mengangkat prestasi sepak bola tim Samba itu.

Museum itu dibuka di kota pelabuhan Santos. Isi museum tidak lain terdiri dari berbagai perlengkapan yang berkaitan dengan kejayaan Pele. Seperti trofi, kaus, sepatu, dan foto-foto Pele dengan para pemimpin dunia dan selebritis.

6 dari 6 halaman

1. Museum Cristiano Ronaldo

Pesepak bola lainnya yang memiliki museum adalah Cristiano Ronaldo. Museum yang dinamakan Museu CR7 itu dibuka pada 2013 silam. Museum ini terletak di Madeira, Portugal.

Museum ini menghadirkan sejarah dan perjalanan Ronaldo sebagai pesepak bola profesional. Di mesuem itu dipajang empat bola emas yang dimenangkan Ronaldo di ajang penghargaan Ballon d'Or (satu bersama Manchester United dan tiga dengan Real Madrid).

Museum ini juga memiliki 160 penghargaan individu yang dimenangkan pemain berjuluk CR7 itu. Selain itu, ada juga piala dan medali.

Tak ketinggalan, jersey yang dikenakan Ronaldo mulai dari bersama Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Timnas Portugal. Tak ketinggalan, ada juga patung lilin Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini