Sukses

Kecelakaan Maut Renggut Satu Kakinya, M Fadli Kembali Balapan

M Fadli akan turun di nomor bergengsi Individual Time Trial kategori C4 pada Para-Cycling Asia 2017.

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan tragis dua tahun lalu membuat kaki kiri pembalap M Fadli diamputasi dari lutut ke bawah. Saat ini, M Fadli, mantan pembalap kelas Supersport 600 cc, menggunakan kaki palsu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Meski demikian, M Fadli tidak patah arang. Setelah memutuskan pensiun dari balap motor, Fadli memutuskan banting setir sebagai pembalap sepeda. Pria yang dulunya akrab dengan nomor 43 itu bahkan untuk pertama kali akan mewakili Indonesia pada Kejuaraan Para-Cycling Asia, di Bahrain, 24 Februari-3 Maret mendatang.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Fadli rencananya akan turun di nomor Individual Time Trial kategori C4,  yang disebut sebagai salah satu nomor bergengsi di event paracycling. Sebagai pendatang baru, Fadli tidak mematok target tinggi mengingat selama ini olahraga tersebut hanya dilakoninya sebatas hobi saja. 

Untuk mematangkan kemampuannya, Fadli berlatih secara intensif selama dua bulan di bawah pengawasan Puspita Mustika Adya. "Saya mengerti ini bukan hal yang mudah. Maka, saya tidak memasang target yang muluk-muluk. Yang terpenting, saya sudah berlatih keras dan saya pikir hasil akan mengikuti,” ujar Fadli.

M Fadli sebelumnya dikenal sebagai raja road race Indonesia. Sederet prestasi sempat ditorehkan pria bernama lengkap Mohammad Fadli Imammuddin tersebut. Di kelas supersport 600 cc, M Fadli juga ditakuti. Fadli bahkan pernah menjuarai balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 di Sirkuit Sentul, Bogor, 2015 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantang Menyerah

Sayang Fadli tidak sempat merayakan kemenangannya di atas podium. Sebab, saat selebrasi kemenangan usai menyentuh garis finis, musibah tragis menimpanya. Dia ditabrak pembalap Thailand dari arah belakang.

Akibat kejadian ini, kaki kiri Fadli terluka parah dan harus diamputasi. Setahun setelah kejadian, Fadli kemudian memutuskan mundur dari dunia balap motor dan sempat mendirikan sekolah balap "43 Racing School".

Sepeda juga bukan barang baru bagi Fadli. Semasa masih aktif balap motor, dia kerap berlatih dengan sepeda balap untuk menjaga stamina dan kebugaran. Namun semangat untuk tetap tegar dalam menjalani kehidupan usai kecelakaan menjadi pendorong bagi pelatih Puspita Mustika Adya mengulurkan tangan kepada Fadli.

"Saya melihat semangatnya. Makanya saya ajak dia untuk menjadi atlet paracycling dan ternyata dia mau. Saat ini, kecepatan rata-ratanya sudah mencapai 37-38 km/jam,” kata Puspita.

Puspita menambahkan, peluang Indonesia di paracycling cukup besar karena di Asia Tenggara baru Indonesia dan Malaysia yang aktif. Menurut dia, Fadli akan turun di kategori C4, khusus atlet memiliki luka di bawah lutut.

3 dari 3 halaman

Jadi Inspirasi

Kehadiran Fadli juga disambut baik oleh Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari. Dia berharap Fadli bisa menjadi pemicu kehadiran atlet paracycling lain.

"Pada Kejuaraan Asia 2017 ini kami tidak hanya mengirimkan atlet elite saja. Untuk pertama kalinya kami akan mengirimkan atlet paracycling, yaitu M. Fadli," kata Oktohari. 

"Paracycling memang menjadi bidang baru di ISSI bersama dengan trial. Buat saya, sebelum berangkat Fadli sudah menang karena dia adalah atlet paracycling pertama yang akan mewakili Indonesia,” ujarnya.

Pada kejuaraan di Bahrain nanti, Fadli akan mendapat dukungan penuh dari Technobike yang memasok sepeda berteknologi tinggi dengan merek Look buatan Prancis. Perwakilan Technobike Micky Kusuma Candra mengatakan sepeda yang akan digunakan Fadli adalah salah satu sepeda dengan frame tertipis di dunia.

“Saya berterima kasih karena sudah diajak Puspita untuk mendukung tim ini. Kalau ada atlet yang bagus, kenapa tidak kami dukung? Dan Fadli sangat luar biasa karena bisa beralih dari balap motor ke balap sepeda," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini