Sukses

9 Pemain AC Milan Bikin Bologna Terkapar

Liputan6.com, Bologna - AC Milan meraih kemenangan fantastis pada laga tunda pekan ke-18 Liga Italia 2016/2017, Kamis (9/2/2017) dinihari WIB. Keunggulan 1-0 diamankan AC Milan atas Bologna di Stadio Renato Dall'Ara.

Disebut mengesankan karena kemenangan tersebut diraih AC Milan saat mereka harus tampil dengan sembilan pemain. Dua pemain mereka harus masuk ruang ganti sebelum laga bubar setelah menerima kartu kuning kedua.

Laga baru berjalan tiga menit, Suso sempat lakukan dua percobaan. Sayang, upayanya tak membuahkan hasil dan malah membuat Bologna memiliki peluang lewat serangan balik. Dua menit kemudian, giliran Gerard Deulofeu yang memiliki peluang untuk Milan.

Berawal dari tendangan jauh, Emil Krafth melakukan sundulan operan yang tak sempurna ke arah kiper Angelo Da Costa. Bola pun direbut Deulofeu. Sayang, tendangannya masih bisa ditepis Da Costa. Begitu juga dengan Mario Pasalic yang mendapatkan bola liar hasil tepisan Da Costa. Sepakannya masih meleset ke atas gawang.

Bukan hanya Milan, Bologna juga beberapa kali mememiliki peluang. Salah satunya adalah yang didapat di menit ke-15. Lewat skema serangan balik, Simone Verdi mendapat kesempatan melepaskan tendangan yang masih bisa diamankan Gianluca Donnarumma. Padahal, saat itu ia punya pilihan mengoper bola kepada rekannya.

Lima menit kemudian, Bologna kembali mendapatkan peluang. Kali ini lewat kerja sama Mattia Destro dan Ladislav Krejci. Sayang, sepakan Krejci juga masih mampu diamankan Donnarumma.

Serangan bertubi-tubi Bologna membuat bek AC Milan Gabriel Paletta melakukan kesalahan besar di menit ke-36. Ia melakukan pelanggaran kepada Blerim Dzemaili saat menuju kotak penalti. Tanpa ampun wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Paletta.

1 dari 2 halaman

2 Kartu Merah

Sebelumnya, ia diganjar kartu kuning di menit ke-18. Tampil dengan 10 pemain jelas membuat Milan semakin kesulitan. Untungnya, mereka masih bisa menutup babak pertama dengan skor 0-0.

Pertarungan di babak kedua semakin menarik. Setelah sempat berulang kali diuji serangan Bologna di awal babak kedua, Milan justru semakin kesulitan dengan insiden di menit ke-59. Juraj Kucka menyusul Paletta setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Adam Nagy.

Aksi Suso saat AC Milan menghadapi Bologna. (Giorgio Benvenuti/ANSA via AP)

Tampil dengan sembilan pemain membuat Donnarumma harus bekerja ekstra keras. Penyelamatan vital pun dilakukan kiper berusia 17 tahun itu di menit ke-65. Bola sentuhan Krejci yang nyaris berbuah gol mampu digagalkan tepisan Donnarumma.

Hebatnya, Milan masih sanggup mengancam gawang Bologna meski tampil dengan sembilan pemain. Deulofeu yang menjadi aktor tersebut. Pertama, ia melepaskan tendangan keras di menit ke-69 yang bisa dibendung Da Costa. Lalu, ia mengeksekusi sepak pojok dengan mengarahkan bola ke tiang jauh gawang Bologna. Sayang, bola hanya membentur mistar gawang.

Dalam kondisi tersudut, Milan tetap berani melancarkan serangan. Di luar dugaan, upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-89. Adalah Mario Pasalic yang menjadi pahlawan Milan. Sedangkan Deulofeu menjadi aktor di balik terciptanya gol itu.

Keunggulan 1-0 pun mampu dipertahankan Milan hingga laga bubar. Ini adalah kemenangan perdana yang diraih Milan dalam enam laga terakhir. Kemenangan itu membawa Milan mendekati Atalanta yang duduk di posisi keenam.

Susunan Pemain:

Bologna (4-3-3): Da Costa; Gastaldello (Petkovic 62), Maietta, Krafth, M'baye (Torosidis 77), Dzemaili, Pulgar (Viviani 80), Nagy, Destro, Verdi, Krejci

Milan (4-3-3): Donnarumma; Paletta, Vangioni, Abate, Romagnoli (Zapata 31), Kucka, Pasalic, Locatelli (Gomez 46), Bacca (Poli 62), Deulofeu, Suso

Artikel Selanjutnya
Legenda Inter Ejek Juventus
Artikel Selanjutnya
Kejar Gelar Liga Inggris, Klopp Disarankan Punya 'Rencana B'