Sukses

Copa del Rey: Deportivo Alaves Tantang Barcelona di Final

Liputan6.com, Vitoria-Gateiz - Deportivo Alaves memastikan diri sebagai pendamping Barcelona di final Copa del Rey 2016/2017. Sukses itu didapat setelah mereka menaklukkan Celta Vigo 1-0 pada leg kedua semifinal di Estadio de Mendizorroza, Kamis (9/2/2017) dinihari WIB.

Alaves pun akan bersua dengan Barcelona pada 27 Mei 2017. Perjuangan keras mereka menghadapi Celta Vigo mempersembahkan tiket final Copa del Rey dengan keunggulan agregat 1-0 atas Celta Vigo.

Pertarungan antara Alaves dengan Celta Vigo memang berjalan sedikit membosankan. Padahal, keduanya sama-sama harus mencetak gol setelah bermain dengan skor kacamata pada leg pertama di markas Celta Vigo, Estadio de Balaidos.

Alaves selaku tuan rumah lebih banyak menciptakan peluang. Salah satunya adalah yang diciptakan Deyverson Silva di menit keenam. Namun, tendangan kaki kirinya usai menerima umpan Manu Garcia masih melenceng ke sisi kanan gawang Celta Vigo.

Lima menit kemudian, giliran Celta Vigo yang mengancam gawang Alaves. Sayang, sepakan kaki kiri Iago Aspas setelah menyambut crossing Hugo Mallo masih bisa diamankan kiper Fernando Pacheco.

Kedua tim sama-sama terlihat menemui kebuntuan. Berulang kali peluang mereka gagal dimaksimalkan menjadi gol. Percobaan yang dilakukan Celta Vigo lewat Iago Aspas di menit ke-27 dan Alaves lewat Ibai Gomez di menit ke-29 juga tak membuahkan hasil. Hingga babak pertama berakhir, tak ada tim yang sanggup mencetak gol.

1 dari 2 halaman

Momen Penentu

Di awal babak kedua, kedua pelatih sama-sama mempertahankan komposisi pemainnya. Alaves lebih dulu memberikan kejutan lewat sepakan Marcos Lloreten di menit ke-47. Sayang, tendangannya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran.

Deportivo Alaves vs Celta Vigo (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Peluang emas sempat didapat tuan rumah di menit ke-69. Sialnya, peluang tersebut gagal dimanfaatkan Victor Laguardia yang menguasai bola di dalam kotak penalti tim tamu. Setelah berulang kali melakukan percobaan, kebuntuan Alaves akhirnya terpecahkan.

Adalah Edgar Mendez yang menjadi pahlawan kemenangan mereka. Berkat bantuan umpan sundulan Victor Camarasa, pemain yang baru masuk di menit ke-79 ini sukses memaksa kiper Sergio Alvarez memungut bola dari gawangnya sendiri di menit ke-82.

Keunggulan 1-0 itu mampu dipertahankan Alaves hingga laga bubar. Kesuksesan ini menjadi sejarah baru bagi Alaves. Klub yang baru promosi dari Segunda B ini bakal tampil dalam final pertamanya di Copa del Rey.

Susunan Pemain:

Alaves: Pacheco; Laguardia, Feddal, Hernandez, Femenia, Garcia, Camarasa, Llorente, Toquero (Mendez 79 (Alexis 90+3)), Ibai Gomez, Deyverson

Celta Vigo: Alvarez; Roncaglia, Cabral, Mallo, Castro, Diaz (Guidetti 83), Wass (Rossi 86), Hernandez, Radoja, Aspas, Bongonda (Sisto 74)