Sukses

6 Raja Hattrick Liga Inggris

Shearer menjadi pemain yang paling sering mencatat hattrick di Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Tercatat sebagai pencatat gol terbanyak sepanjang masa Liga Inggris, tidak mengherankan jika Alan Shearer mengukuhkan diri sebagai raja hattrick.

Shearer tercatat sudah melakukannya 11 kali bersama Blackburn Rovers dan Newcastle United. Dia hanya gagal ketika mengawali karier di Southampton.

Membela Blackburn, Shearer menciptakan hattrick melawan Leeds United, Queens Park Rangers, West Ham United (dua kali), Ipswich Town, Coventry City, Nottingham Forest, Bolton Wanderers, dan Tottenham Hotspur. Bersama Newcastle, Shearer membukukannya pada duel versus Leicester City dan Sheffield Wednesday.

Torehan tersebut membuat koleksi Shearer berjumlah 260 gol dari 441 penampilan. Tidak hanya menjadi pemain tersubur Liga Inggris, dihitung sejak 1992-1993, dia juga mengukuhkan diri sebagai top scorer sepanjang masa Newcastle. Shearer mencetak 206 gol di 404 laga.

Setelah Shearer, ada lima nama lain yang juga sering membukukan hattrick di Liga Inggris. Inilah mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Robbie Fowler

Robbie Fowler. (AFP/Adrian Dennis)

Fowler menciptakan sembilan hattrick selama berkarya di Liga Inggris. Delapan gol di antaranya dilakukan kala memperkuat Liverpool, dengan korban Southampton (2), Arsenal (2), Bolton, Middlesbrough, Aston Villa, dan Leicester. Sedangkan satu lagi bersama Leeds pada laga melawan Bolton.

Meski hanya kalah dari Shearer, penyerang yang dijuluki God oleh pendukung Liverpool ini tidak masuk daftar lima besar pemain tersubur kompetisi.

Dengan catatan 163 gol, Fowler harus mengakui keunggulan Shearer, Wayne Rooney, Andy Cole, Frank Lampard, dan Thierry Henry. Cedera jadi alasan mengapa dia gagal menambah koleksi.

3 dari 6 halaman

Thierry Henry

Mencatat delapan hattrick di Liga Inggris, seluruhnya bagi Arsenal. Torehan itu membuat Henry menduduki peringkat lima daftar top scorer kompetisi dengan torehan 175 gol.

Korban hattrick Henry adalah Leicester, West Ham, Liverpool, Leeds, Portsmouth, Norwich City, Middlesbrough, dan Wigan Athletic.

Ketajaman di liga juga membantu Henry menjadi pemain paling produktif Arsenal sepanjang masa. Dia menciptakan 228 gol pada 376 pertandingan di seluruh kompetisi.

Thierry Henry. (AFP/Glyn Kirk)

4 dari 6 halaman

Michael Owen

Bersanding bersama Henry dengan menciptakan delapan hattrick di Liga Inggris. Owen melakukannya di pertandingan melawan Sheffield, Newcastle (2), Nottingham, Villa, Manchester City, dan West Bromwich Albion. Di Newcastle, Owen menorehkannya saat menghadapi West Ham.

Seperti Fowler, banyaknya hattrick tidak cukup untuk mengangkat Owen ke 5 besar pemain tersubur kompetisi. Tertahan di angka 150 gol, dia baru saja disamai Jermain Defoe yang masih aktif merumput.

Michael Owen. (AFP/Paul Barker)

Layaknya mantan rekan, cedera menjadi alasan mengapa Owen kehilangan banyak kesempatan menambah pundi. Owen juga sempat hengkang ke Spanyol untuk membela Real Madrid.

5 dari 6 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney. (AFP/Oli Scarff)

Baru saja menjadi pemain tersubur sepanjang masa Manchester United (MU) dan menggeser Sir Bobby Charlton. Rooney sudah melesakkan enam hattrick di Liga Inggris. Bolton (2), Portsmouth, Hull City, West Ham, dan Arsenal adalah korbannya.

Total menciptakan 194 gol, Rooney menjadi pesaing terdekat Shearer pada klasemen pemain paling produktif Liga Inggris. Namun, tertinggal 66 gol, pemain berusia 31 tahun tersebut sulit mengejar.

Dia bukan lagi jadi pilihan utama di MU. Musim ini Rooney baru menjadi starter di delapan pertandingan.

6 dari 6 halaman

Luis Suarez

Mengguncang sepak bola Inggris dengan permainan eksplosif. Dalam periode jauh lebih singkat, Suarez mencatat hattrick sama seperti Rooney.

Luis Suarez. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Uniknya, setengah dari jumlah hattrick Suarez tercipta ketika melawan satu tim sama yakni Norwich. Sedangkan hattrick Suarez lainnya terjadi di duel versus Wigan, West Brom, dan Cardiff City.

Pada dasarnya, Norwich memang merupakan lawan favorit Suarez. Bomber yang kini membela Barcelona itu menjebol gawang mereka 12 kali di enam pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini