Sukses

5 Pemain Legenda MU yang Perannya Sulit Tergantikan

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) klub besar yang banyak memunculkan pemain-pemain bintang. Beberapa bahkan menjadi legenda di klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford ini.

Kontribusi besar ditunjukkan beberapa pemain yang pernah membela klub berjulukan The Red Devils itu. MU pernah memiliki sosok-sosok hebat seperti Eric Cantona, Ryan Giggs, Rio Ferdinand, hingga David Beckham.

Namun, selain nama-nama tersebut, terdapat sejumlah pemain yang perannya sulit tergantikan dengan seragam MU. Kualitas dan karakter yang dimiliki para pemain ini mampu membuat MU berada di level tertinggi di berbagai kompetisi.

Di lini belakang, MU punya bek-bek tangguh, demikian juga di lini tengah dan depan, pemain-pemain papan atas. Berikut lima pemain legenda MU yang perannya sulit tergantikan selama era Liga Premier Inggris.

1 dari 6 halaman

Roy Keane

1. Roy Keane

Sosok Roy Keane di lini tengah MU asuhan Alex Ferguson sangat berpengaruh. Ia adalah kapten, pemimpin untuk rekan-rekan setimnya.  

Roy Keane punya karakter kuat, tekel yang tanpa kompromi, dan tak segan pasang badang untuk rekan-rekan setimnya. Pria asal Republik Irlandia ini mampu membakar semangat timnya di lapangan, terutama ketika dalam situasi sulit.

Sejak ia meninggalkan MU, belum ada lagi sosok yang bisa menggantikan Roy Keane. Karakter kuatnya tidak dimiliki gelandang-gelandang MU setelah dia, baik Darren Fletcher, Marouane Fellaini, atau Ander Herrera.  

2 dari 6 halaman

Nemanja Vidic

2.  Nemanja Vidic

Selama delapan tahun Nemanja Vidic memperkuat MU, lini belakang klub sekota Manchester City tersebut bak batu karang. Vidic hanya dibeli seharga 7 juta pounds, tapi ia menjelma menjadi pemain yang kunci bagi The Red Devils.

Duetnya bersama Rio Ferdinand di lini pertahanan menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Kualitas kelas dunia dimiliki pemain yang hengkang dari MU ke Inter Milan pada musim panas 2014 tersebut.

Hingga sekarang, MU kesulitan mencari pengganti bek asal Serbia tersebut. Phil Jones dan Chris Smalling yang diharapkan bisa menjadi pengganti Vidic, penampilannya malah kurang berkembang sehingga terkadang meninggalkan lubang di lini belakang MU.

3 dari 6 halaman

Gary Neville

3. Gary Neville

Bergabung dengan MU sejak di akademi, posisi Gary Neville di tim utama tidak tersentuh. Ia dianggap bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Inggris dan The Red Devils.

Setelah pensiun, manajemen MU beberapa kali mencoba memboyong bek kanan lain. Namun, upaya tersebut selalu gagal. Rafael yang diharapkan bisa jadi penerus, penampilannya tidak konsisten.

Terakhir, Antonio Valencia, yang posisi aslinya sebagai gelandang sayap, malah dijadikan bek kanan. Tapi, perubahan itu ternyata cukup berdampak positif, karena sejauh ini Valencia yang tampil baik, kendati naluri bertahannya masih lebih baik Neville.

4 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

4. Cristiano Ronaldo

Dengan kualitas yang dimilikinya, Cristiano Ronaldo menjadi megabintang bersama MU sejak dibeli dari Sporting Lisbon pada 2003. Bersama Ronaldo, MU menjuarai Liga Champions 2007-2008 di bawah asuhan Alex Ferguson.

Kepindahan Ronaldo ke Real Madrid pada musim panas 2009 menjadi kehilangan besar bagi The Red Devils. Ronaldo amat dicintai fans MU dan saat transfer terjadi, manajemen klub belum menemukan pengganti sama kualitasnya.

Luis Nani, Angel di Maria, hingga Memphis Depay tidak pernah mampu menyamai kualitas dan pencapaian Ronaldo bersama MU. Saat ini, MU masih berburu Antoine Griezmann, pemain yang diyakini berada selevel dengan Ronaldo dan memiliki posisi yang mirip dengan kapten Timnas Portugal itu.

5 dari 6 halaman

Paul Scholes

5. Paul Scholes

MU punya pemain jebolan akademi mereka, yang mampu menjadi legenda. Paul Scholes gelandang kelas dunia yang pernah dimiliki MU dan Timnas Inggris, dengan sentuhan hebat.

Ia punya tembakan akurat sehingga kerap mencetak gol spektakuler dari jarak jauh. Umpannya juga menjadi sasaran empuk bomber-bomber MU kala itu, Ruud van Nistelrooy, Andy Cole, Dimitar Berbatov, hingga Wayne Rooney.

Michael Carrick gelandang bagus, tapi visi bermain Scholes sulit ditandingi. Oleh karena itu, tidak sedikit fans MU yang merindukan kehadiran Scholes di lini tengah The Red Devils.

Kini, ketika Jose Mourinho menjadi pelatih, muncul Paul Pogba, yang dipulangkan dari Juventus dengan status pemain termahal di dunia. Pogba menjadi harapan MU menggantikan peran Scholes.

Artikel Selanjutnya
2 Bek Cedera, 5 Pemain Ini Pantas Gabung MU
Artikel Selanjutnya
Carrick Pensiun, 3 Pemain Ini Jadi Bidikan MU