Sukses

Selain Ronaldo, 5 Pemain Ini Punya Nomor Punggung Unik

Liputan6.com, Jakarta - Ronaldo da Lima adalah pemain yang identik dengan nomor punggung 9. Nomor itu memang layak dikenakan Ronaldo, karena ia berposisi sebagai penyerang. Kebetulan, ia juga dikenal sebagai penyerang yang tajam.

Hampir di semua klub yang dibela, Ronaldo selalu mendapat kepercayaan untuk mengenakan nomor punggung 9. Ia pun membayar kepercayaan dengan torehan gol yang luar biasa sejak masih membela Cruzeiro, tempat di mana ia memulai karier profesionalnya.

Saat itu, ia menorehkan 44 gol dari 47 pertandingan. Hijrah ke PSV Eindhoven pada 1994, ia mampu menceploskan 54 gol dari 57 laga. Produktivitasnya terus diperlihatkan saat berkostum Barcelona, Inter Milan, dan Real Madrid.

Namun, ada pemandangan aneh ketika Ronaldo memutuskan hijrah ke AC Milan pada Januari 2007. Ketika itu, ia mendapatkan nomor punggung 99. Itu karena nomor punggung 9 sedang digunakan Filippo Inzaghi.

Tentu saja, nomor punggung 99 sangat tak lazim jika dipasang pemain yang berposisi sebagai penyerang. Namun, ada 5 pemain lain seperti Ronaldo yang mengenakan nomor punggung unik. Berikut adalah daftar 5 pemain tersebut:

1 dari 6 halaman

5. Mario Balotelli (45)

Balotelli adalah pemain yang namanya selalu menjadi perbincangan hangat. Bukan karena prestasinya atau kemampuannya dalam mencetak gol, Balotelli justru lebih sering dibicarakan akibat kontroversinya.

Mario Balotelli (AFP / OLI SCARFF)

Yang menarik, meski posisinya sebagai striker, Balotelli justru tak mengenakan nomor punggung yang menggambarkan perannya. Ia memilih untuk mengenakan nomor punggung 45. Ia baru mendapatkan nomor punggung 9 di klub yang dibelanya saat ini, Nice.

"Ketika saya pertama kali bermain dalam tiga atau empat laga dengan Inter saat masih muda, saya terpaksa memilih nomor 45 karena yang tersedia untuk pemain muda adalah di antara 36-50," ungkap Balotelli.

"Saya mengambil nomor 45 karena saya sedang bercanda bahwa empat ditambah lima adalah 9. Dan, saya mencetak gol dalam empat pertandingan. Ini membawa keberuntungan dan itu sebabnya saya selalu dengan nomor 45."

2 dari 6 halaman

4. David Beckham (23)

Beckham selalu dianggap sebagai pemain yang popular dalam sejarah sepak bola Inggris. Selama menjalani hari-harinya bersama Manchester United (MU), ia dikenal sebagai pemain yang mengenakan nomor punggung 7.

David Beckham (AFP/Pedro Armestre)

Di MU, 7 adalah nomor punggung yang sangat keramat. Itu sebabnya nomor tersebut hanya diberikan kepada pemain-pemain dengan kualitas tinggi. Namun, nomor 7 justru tak digunakan Beckham saat hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2003.

Saat itu, Beckham justru mendapatkan nomor 23. Kebetulan, nomor 7 di Madrid saat itu menjadi milik Raul Gonzalez. Pada akhirnya, ia memilih nomor punggung 23. Namun, ini juga bukan tanpa alasan. Ia terinspirasi dari Michael Jordan yang identik dengan nomor 23.

3 dari 6 halaman

3. William Gallas (10)

Untuk posisi sebagai bek, Gallas termasuk legenda yang cukup dihormati. Ia dikenal sebagai pemain yang vokal karena tak pernah sungkan memberikan masukan atau kritikan kepada rekan setimnya di lapangan.

Bek legendaris Arsenal William Gallas. (Mirror)

Fans Arsenal tentu memiliki banyak kenangan hebat mengenai Gallas. Meski tak memenangkan gelar, Gallas menjadi salah satu kapten terbaik yang bermain untuk Arsenal. Tak hanya itu, ia juga menjadi sorotan, karena nomor punggung yang dikenakannya.

Biasanya, seorang bek akan mengenakan nomor punggung satu digit di bawah 7. Anehnya, ia justru memilih nomor 10 di Arsenal. Pilihan Gallas yang mengenakan nomor untuk penyerang tersebut adalah kejutan bagi banyak pihak.

4 dari 6 halaman

2. Jonathan De Guzman (1)

De Guzman selalu mengenakan nomor punggung yang berbeda di setiap tim. Bersama Timnas Belanda, ia sempat mendapatkan nomor punggung 7 dan 8. Di Napoli, ia mendapatkan nomor punggung 6. Dan, di Swansea City ia memakai nomor 20.

Namun, ia mengambil pilihan aneh saat dipinjamkan Napoli ke Chievo pada musim panas 2016. Tak tanggung-tanggung, ia memilih nomor punggung 1 yang biasanya digunakan seorang kiper.

Jonathan De Guzman (Eurosport)

Untuk posisi gelandang, ini adalah nomor punggung yang aneh. Hingga kini ia sudah tampil dalam 18 laga bersama Chievo dan mencetak satu gol plus satu assist.

5 dari 6 halaman

1. Hicham Zerouali (0)

Nama Zerouali sebagai pesepak bola masih jarang terdengar. Pasalnya, tak pernah memperkuat tim-tim top Eropa di sepanjang kariernya. Satu-satunya klub Eropa yang pernah diperkuatnya adalah Aberdeen asal Skotlandia.

Hicham Zerouali (fourfourtwo)

Sisanya, pemain Maroko tersebut lebih banyak bermain di kawasan Timur Tengah. Ia juga pemain yang tercatat dalam sejarah, tapi bukan karena kemampuannya. Saat hijrah ke Aberdeen pada 2000, ia memilih angka 0 sebagai nomor punggungnya.

Hal itu juga dilakukan Zerouali bukan tanpa alasan. Pasalnya, orang-orang lebih sering memanggilnya Zero menyusul nama Zerouali.

Ia pun menjadi pemain pertama sekaligus terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 0. Sebab, setahun kemudian hal itu dilarang FA Skotlandia.

Artikel Selanjutnya
Buffon Senang Dybala Pakai Nomor Keramat Juventus
Artikel Selanjutnya
Striker Juventus Ingin Ciptakan Kenangan Indah dengan Seragam 10