Sukses

5 Pemain Ini Bisa Samai Ketajaman Messi di Barcelona

Liputan6.com, Barcelona - Kehebatan Lionel Messi di persepakbolaan dunia sudah tak terbantahkan. Bukti 5 gelar trofi Ballon d'Or dengan sederet trofi di lemari pribadi menjadi bukti kehebatan Messi bersama Barcelona.

Sebagai pemain, Messi tergolong lengkap. Dia tak hanya handal ketika mencetak gol tapi dia juga semakin matang dalam hal bermain. Messi tidak mementingkan egonya sendiri dan rela berbagi dengan pemain lain.

Inilah yang membuat Messi bisa jadi raja assist musim lalu. RSSSF mencatatkan dia sebagai raja assist kalahkan para gelandang murni seperti Toni Kroos, Luka Modric atau Andres Iniesta.

Khusus ketajaman di depan gawang, Messi memang sulit dikalahkan. Namun itu bukan berati tak ada pemain yang bisa samai atau setidaknya dekati kehebatan Messi di Barcelona.

Siapa saja mereka? Berikut rinciannya di 5 halaman berikutnya:

1 dari 6 halaman

1. Pierre Emerick Aubameyang

Striker Borussia Dortmund ini menjelma menjadi monster yang menakutkan bagi bek-bek lawan. Sejak diboyong Borussia Dortmund pada musim 2013/14, dia menjadi pemain yang sulit digantikan.

Perannya dibutuhkan karena konsisten mencetak gol-gol untuk Dortmund. Statistik mencatat jika dia mampu cetak 10 gol lebih per musim dengan Dortmund.

Di dua musim terakhir, torehan pemain asal Gabon ini makin menjadi-jadi. Musim lalu, dia mencetak total 39 gol (25 gol di Bundesliga) untuk Dortmund di semua kompetisi.

Sedangkan musim ini, dia sudah total mencetak 21 gol di semua kompetisi. 17 gol diantaranya dia gelontorkan di Bundesliga.

Ketajaman Aubameyang didapatkan dari kepintarannya mengambil posisi. Selain itu, dia juga punya kecepatan yang membuat bek lawan ketar-ketir. Ini modal untuk dekati torehan gol Messi.

2 dari 6 halaman

2. Luis Suarez

Tak bisa dipungkiri lagi, Barcelona mendapatkan berkah saat memboyong Luis Suarez di musim 2014/15. Di saat ketergantungan kepada sosok Lionel Messi begitu besar, Suarez menjadi panasea ampuh untuk redam itu.

Hanya butuh dua musim bagi Suarez untuk kuasai lini depan Barcelona. Pada debut, dia hanya mampu cetak 16 gol untuk Barcelona di La Liga.

Namun musim lalu, dia sukses menjadi top scorer La Liga dengan torehan 40 gol. Dia kalahkan Messi dan Ronaldo sekaligus mengantarkan Barcelona menjadi juara La Liga.

Untuk urusan cetak gol, kehebatan Suarez sudah sama dengan Messi. Hanya ada perbedaan cara bermain saja di antara mereka.

3 dari 6 halaman

3.Romelu Lukaku

Nasibnya sempat terombang-ambing saat gabung Chelsea di musim 2011/12. Namun Lukaku yang baru berusia 18 saat itu tak pernah menyerah.

Perjuangan beratnya berbuah hasil saat dipinjamkan ke West Bromwich Albion di musim 2012/13. Dia sukses mencetak 17 gol di  Liga Inggri kala itu dari 35 penampilannya.

Matang di West Bromwich ternyata belum cukup untuk meyakinkan Chelsea. Pada musim 2013/14, dia dipinjamkan ke Everton dan kembali buktikan ketajamannya dengan 15 gol di Liga Inggris.

Everton pun akhirnya mempermanenkan dia pada 2014/15. Dan kini, Lukaku menjelma jadi salah satu pesaing di daftar top scorer Liga Inggris.

Tugas membobol gawang bukan sesuatu yang sulit buat Lukaku. Saat dia mendapatkan momen seperti saat lawan AFC Bournemouth, Lukaku bakal tak tertahankan. Dia memborong 4 gol di laga itu sekaligus didaulat jadi pemain terbaik di pekan ke-24.

4 dari 6 halaman

4. Sergio Aguero

Sergio Aguero sudah lama dikait-kaitkan dengan Messi anyar. Besar dan berjaya di era yang sama, bahkan membawa Argentina rebut emas cabang sepak bola di Olimpiade 2008, Aguero diyakini punya ketajaman yang sama dengan Messi.

Torehan golnya bersama Atletico Madrid dan kini Manchester City menjadi bukti jika Aguero sangat tajam. Di Atletico selama 5 musim, Aguero sukses sumbang 101 gol dari 234 penampilan di semua kompetisi.

Sedangkan di City, dia sudah cetak 154 gol dari juga 234 penampilan. Rasio golnya terus meningkat dari musim ke musim sehingga membuatnya selalu menjadi andalan jika tidak cedera.

Musim ini, Aguero mendapatkan sedikit kendala. Dia mendapatkan saingan dari wonderkid Brasil, Gabriel Jesus. Posisinya mulai tersisihkan di Manchester City meskipun Pep Guardiola mengaku ingin mempertahankannya.

5 dari 6 halaman

5.Robert Lewandowski

Bintang Bayern Muenchen asal Polandia ini punya postur ideal untuk menjadi striker dan target man. Berpostur 1,86 meter, Lewandowski bisa gunakan keandalannya saat menyundul di depan gawang lawan.

Tak hanya tinggi, tapi Lewandowski juga striker yang lincah. Dia punya kecepatan yang membuat bek lawan kewalahan untuk menjaganya. Kemampuan ini makin lengkap karena Lewandowski juga pandai mengontrol bola dengan baik.

Tak aneh jika Lewandowski menjelma jadi 'prolific goalscorer' atau penyerang subur buat Muenchen atau beberapa klub yang dibelanya. Torehan gol bisa menjadi bukti kegarangannya.

Sejak memulai karier di klub Polandia Znicz Pruszkow, pemain berusia 28 tahun ini sukses cetak di atas 15 gol per musim. Kecuali di musim pertama bersama Dortmund pada 2010/11, dimana dia hanya cetak gol, torehan gol Lewandowski selalu fantastis.

Artikel Selanjutnya
5 Pesepak Bola Paling Berharga di Dunia (1)
Artikel Selanjutnya
5 Pemain Terbaik La Liga Musim Ini