Sukses

MotoGP: IRTA Pastikan Balapan Malam di Qatar, Aman

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Tim Balap (IRTA) menganggap bahwa balapan pembuka MotoGP di Grand Prix Qatar pada Maret mendatang, akan tetap dilangsungkan, meskipun dalam kondisi hujan. Keputusan ini diambil setelah Loris Capirossi dan Franco Uncini anggota dari Race Direction melakukan pemeriksaan yang menunjukkan bahwa sudah tidak ada lagi yang membahayakan keselamatan pembalap.

Beberapa hari lalu, Capirossi bahkan menjajal Sirkuit Losail, Qatar. Setelah mengaspal dia menjamin kondisi keamanan (keselamatan) pembalap saat MotoGP tampil di malam hari. Karena sebenarnya aspal tidak memantulkan cahaya, sehingga tidak ada masalah keamanan.

La Gazzetta dello Sport, Senin (13/2/2017), melaporkan bahwa hasil pemeriksan tersebut telah disampaikan IRTA. Mereka juga telah mengirimkan surat pemberitahuan ini kepada tim peserta. Kesimpulannya, masalah ini dibahas dengan pembalap dan Komisi Keamanan.

Sementara itu, pemasok ban MotoGP (Michelin) juga telah diberitahu tentang informasi terbaru ini. Sehingga mereka bisa mempersiapkan kebutuhan pembalap selama menjalani tes pramusim ketiga di Sirkuit Losail atau jelang GP Qatar.

Pemeriksaan dilakukan karena pada tahun sebelumnya balapan pembuka sempat ditunda gara-gara hujan. Hal yang sama juga sempat terjadi pada MotoGP 2009. Para pembalap khawatir akan terjadi pantulan cahaya pada aspal saat hujan yang berimbas pada disorientasi arah pandangan para pembalap. Hal dianggap membahayakan keselamatan para pembalap yang ikut ambil bagian pada balapan tersebut.

(David Permana)