Sukses

5 Wonderkid Monaco yang Jadi Incaran Klub Raksasa

Liputan6.com, Monaco - Penikmat sepak bola cenderung lebih tertarik untuk menyaksikan pertandingan di Liga Inggris dan Spanyol ketimbang kompetisi lainnya. Padahal ada banyak pemain yang memiliki potensi untuk merebut popularitas sebagai bintang lapangan hijau di Bundesliga, Liga Belanda, hingga Ligue 1 (Liga Prancis).

AS Monaco misalnya, menjadi salah satu klub yang tak pernah berhenti menelurkan pemain muda berbakat. Thierry Henry menjadi salah satu bukti sukses jebolan akademi dari tim berjuluk Les Rouge et Blanc. Selama tujuh tahun menempa ilmu di sana dia pun tumbuh sebagai pesepakbola hebat.

Seiring waktu, Monaco disebut sebagai tim yang mampu memproduksi pemain hebat dunia. Baru-baru ini ada nama Kylian Mbappe yang berhasil mengguncang dunia sepak bola lantaran sukses mencetak rekor sebagai pencetak hattrick termuda di Liga Prancis saat pasukan Leonardo Jardim mengalahkan Metz dengan skor 5-0.

Dengan mengandalkan bakat pemain muda, Monaco seperti menjelma bak tim yang sedang mencoba untuk menuju panggung besar sebagai tim papan atas di Eropa. Pasalnya, Jardim sukses menjaga konsistensi permainan baik di liga domestik maupun Liga Champions.

Berikut 5 pemain Monaco yang digadang-gadang bakal menjadi pemain hebat di dunia:

1 dari 6 halaman

1. Thomas Lemar

Lemar memulai kariernya di Caen bersama bintang Chelsea, N'golo Kante. Pemain berusia 21 tahun itu berhasil mengantarkan timnya promosi ke liga utama. Melihat potensi yang dimilikinya membuat Monaco tergiur untuk mendatangkan pemain sayap kiri tersebut.

Pada 2015, Monaco baru meresmikan Lemar. Keputusan klub membawanya ke Stade Louis II dianggap sebagai hal yang tepat mengingat dia mampu beradaptasi dengan cepat. Ini tak lepas dari kemampuan yang dimilikinya dalam mengolaborasikan kecepatan menggiring bola dan finishingnya.

Dari beberapa statistik menyebut Lemar telah menciptakan 14 peluang emas dari 33 kali percobaan di jantung pertahanan lawan. Bahkan dia telah mencetak tujuh gol dari 11 tembakan.

Sejauh ini dia tercatat telah mengoleksi total sembilan gol dan empat assist bersama Monaco di semua kompetisi. Kemajuan yang ditunjukkan Lemar dalam 18 bulan terakhir di Monaco telah menempatkan banyak pengamat dengan memprediksi bahwa dia bakal menjadi bintang hebat.

2 dari 6 halaman

2. Bernardo Silva

Monaco tampaknya benar-benar merupakan tim yang komplet karena Leonardo Jardim mampu menjaga keseimbangan permainan tim dengan sangat baik. Seperti halnya ketika melihat permainan Silva di sayap kanan.

Silva selalu menggunakan keterampilannya untuk mengelabuhi pertahanan lawan dengan banyak menciptakan peluang. Dia tidak hanya berani melakukan penetrasi, tapi pemain berusia 22 tahun itu mampu mengirimkan umpan matang kepada rekan setim.

Ketajamannya dalam mencetak gol sudah tak perlu diragukan lagi. Total, Silva telah menyumbangkan tujuh gol dan lima assist di semua kompetisi bersama Monaco. Melihat capaian luar biasa tersebut tak salah jika banyak klub papan atas di Eropa tertarik untuk menggoda pemain berkebangsaan Portugal tersebut.

Kabarnya, Manchester United disebut-sebut sebagai pengagum Silva. Namun tim besutan Jose Mourinho harus berjuang untuk memperebutkan jasa pemain bernomor punggung 10 itu mengingat Barcelona juga tertarik membawanya ke Camp Nou.

3 dari 6 halaman

3. Kylian Mbappe

Banyak kalangan yang menyebut jika Kylian Mbappe memiliki kemiripan gaya bermain seperti Thierry Henry. Pemain serba bisa ini tidak hanya piawai dalam menghancurkan tembok pertahanan lawan, tapi juga pandai dalam menjebol gawang lawan.

Jika dibandingkan dengan dua pemain di atas, Mbappe diperkirakan masih membutuhkan banyak pengalaman. Dari 17 penampilan di Ligue 1, sembilan diantaranya tercatat datang dari bangku cadangan. Meskipun sulit mendapatkan tempat di skuat utama lantaran posisinya bentrok dengan Bernardo Silva dan Thomas Lemar, namun tak membuat dirinya minder.

Mbappe tetap dianggap sebagai aktor di balik setiap kemenangan Monaco. Total, dia telah menyumbangkan 11 gol dan lima assist di semua kompetisi. Terbaru, ia berhasil menelikung nama Jeremy Menez sebagai pencetak gol termuda saat mengantarkan Monaco menang atas Metz dengan skor 5-0.

Akankah Mbappe bisa meniru jejak Henry tampil di Liga Inggris. Mengingat Arsenal sangat tertarik dengan bakat yang dimiliki pemain berusia 18 tahun tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Djibril Sidibe

Pemain yang satu ini juga pantas masuk sebagai calon bintang masa depan Monaco. Kemampuan Djibril Sidibe bermain di bek kiri dan kanan adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Monaco di musim ini.

Sidibe tidak hanya jago menjaga pertahanan Monaco tapi juga mampu melakukan serangan berbahaya ke pertahanan lawan. Total, pemain berusia 24 tahun itu telah mencetak tiga gol dan lima assist di semua kompetisi.

Sehingga tak heran gaya agresif yang dipertontonkannya di musim ini telah banyak klub kagum dengan bakat yang dimilikinya. Manchester United disebut kagum dan siap membajak Sidibe dari Monaco sebagai pelapis Antonio Valencia yang sudah menua.

5 dari 6 halaman

5. Benjamin Mendy

Pada bagian terakhir ada nama Benjamin Mendy. Pemain yang mengambil posisi sebagai bek kiri itu memiliki fisik yang lebih baik ketimbang Sidibe. Bahkan dia dianggap sebagai pengumpan terbaik di Ligue 1.

Dari statistik menyebut jika Mendy telah mengumpulkan 13 kali umpan di mana tujuh diantaranya berhasil dikonversikan menjadi gol. Ini tentunya catatan yang luar biasa mengingat usianya masih terbilang muda yakni 22 tahun.

Meskipun baru berusia 22 tahun, Mendy telah mengumpulkan 186 penampilan sepanjang karier. Di klub sebelumnya (Marseille), dia telah mengumpulkan 14 assist dari 101 pertandingan, dan menunjukkan bahwa itu bukan suatu kebetulan. (David Permana)