Sukses

MotoGP 2017: Balapan di Qatar Tidak Lagi Terpengaruh Hujan

Seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail Qatar dipastikan tetap aman meski sirkuit diguyur hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi dan pembalap lainnya tak perlu khawatir lagi dengan penundaan seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail Qatar. Seperti dilansir Motorsport, penyelenggara MotoGP Qatar memastikan jika seri pembuka ini tak terganggu lagi oleh hujan.

Sebelumnya, balapan yang digelar malam hari ini dikhawatirkan terganggu jika turun hujan. Sorot lampu terang di sekitar sirkuit Losail dikhawatirkan bisa mengganggu pandangan pembalap.

Inipula yang membuat tes atau balapan di MotoGP Qatar kerap tertunda. Kepastian ini diungkapkan setelah penyelenggara gelar serangkaian tes balapan di trek basah dengan lampu temaram.

Kasus terganggunya balapan di MotoGP Qatar paling parah terjadi di 2009. Saat itu, hujan turun sangat deras sehingga menyebabkan penyelenggara menundanya sampai hari Senin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dites 2 Pembalap

Kini, kemungkinan ditundanya balapan bisa dilupakan. Organisasi pabrikan dan tim MotoGP (IRTA) sudah informasikan kepada tim jika trek sudah dijajal Franco Uncini dan Loris Capirossi.

Eks pembalap yang kini jadi pengarah balapan ini jajal membalap di tengah  trek yang basah kuyup. Keduanya berkesimpulan, trek tidak memantulkan cahaya. Karena itu, balapan saat hujan dinilai tetap aman.

Michelin pun diberitahu untuk membawa ban basah di MotoGP Qatar nanti. Di tahun sebelumnya, ini tidak dilakukan karena balapan dihentikan saat kondisi basah.

Namun ini hanya berlaku untuk pembalap MotoGP. Sedangkan tes Moto2 dan Moto3 tetap harus ditunda jika ada cuaca buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.