Sukses

5 Pemain Asing Asia Berkualitas di Piala Presiden 2017

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden 2017 menjadi primadona bagi para pemain Asia untuk meniti kariernya di Indonesia. Namun, mereka yang datang tak sekadar meramaikan, tapi punya kualitas yang mumpuni.

Pantas memang para klub inginkan pemain Asia yang terbaik. Sebab, dalam regulasi PSSI, tiap tim hanya akan diperbolehkan merekrut satu nama saja dari Benua Kuning ini. Ajang Piala Presiden 2017 dijadikan uji coba untuk aturan baru tersebut.

Tentunya, kualitas yang dipatok bukan sekadar kerja di lapangan. Mereka juga melihat sepak terjang serta statistik si pemain sebelum memperkuat klub.

Nah, dalam hal ini, Liputan6.com mencoba menjabarkan lima pemain Asia berkualitas di Piala Presiden 2017. Namun, bukan berarti yang tak masuk dalam daftar ini kalah kualitas. Berikut daftarnya:

1 dari 6 halaman

Shohei Matsunaga

Matsunaga akhirnya kembali memperkuat Persib Bandung pada kompetisi 2017 ini. Selain sudah kenyang pengalaman di Tanah Air, pemain asal Jepang ini punya sejarah main di klub Eropa.

Tepatnya pada 2008 lalu selama dua musim, pemain kelahiran Mishima, Jepang itu memperkuat klub asal Jerman, Schalke 04. Dia bermain dalam 17 laga di sana dan mencetak satu gol.

Shohei Matsunaga. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Perlu diketahui, Matsunaga memang merupakan produk asli Schalke pada 2007 lalu. Kini, striker 28 tahun itu siap kembali membantu Persib menyongskong kompetisi baru.

2 dari 6 halaman

Hong Soon Hak

Pemain asal Korea Selatan ini memiliki reputasi yang cukup baik di negeri Asia Timur tersebut. Musim lalu, Soon Hak juga mampu membuktikan ekspetasi.

Hong Soon Hak (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Meski kini berusia 35 tahun, segudang pengalaman dalam kariernya selama ini menjadi pertimbangan khusus untuk merekrutnya. Hong Soon hak mengawali kariernya bersama Daegu FC di kasta tertinggi Korsel (K-League) sebelum kemudian merambah Eropa usai bergabung dengan klub Austria Grazer AK.

Sepulangnya dari sana, dia sempat tujuh musim memperkuat raksasa K-League, Suwon Samsung Bluewings dengan mencatatkan 89 penampilan. Soon Hak sendiri belakangan posisinya masih diragukan lataran terganjal regulasi usia. Ini setelah Persija mendatangkan beberapa pemain seleksi berposisi sebagai gelandang

3 dari 6 halaman

In Kyun Oh

In Kyun Oh bisa dibilang punya kualitas yang mumpuni. Dia juga punya segudang pengalaman di Tanah Air.

In Kyun Oh (kanan) (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tercatat, sejak 2010 lalu, pemain asal Korea Selatan ini sudah memperkuat lima tim berbeda. Kali ini, In Kyun Oh memperkuat Mitra Kukar untuk Piala Presiden 2017.

Penampilannya di Naga Mekes juga sudah terbukti setelah jadi pahlawan kemenangan melawan Persegres Gresik United. Selama memperkuat tim di Indonesia, dia tak pernah absen mencetak gol. Itu jadi salah satu pembuktian bagi pemain 32 tahun tersebut.

4 dari 6 halaman

Felipe Bertoldo

Arema FC bisa dibilang cukup brilian dalam pasar. Dia merekrut pemain bertalenta Brasil, tetapi berkewarganegaraan Timor Leste. Alhasil, dia disahkan jadi pemain Asia.

Felipe Bertoldo (Liputan6/Rana Adwa)

Bertoldo sendiri merupakan produk binaan dari raksasa Brasil, Palmeiras. Beberapa klub di salah satu negara kiblat sepak bola itu pernah dibelanya, semisal Botafogo Guacuano, hingga Oita Teinita.

Gelandang 26 tahun ini sendiri baru sudah dua musim terakhir di Indonesia. Musim lalu, dia memperkuat Mtra Kukar. Bertoldo menjadi warga negara Timor Leste pada 2014 lalu dan debut di timnas U-23.

5 dari 6 halaman

Yoo Jae Hoon

Yoo Jae Hoon seperti indentik dengan Persipura Jayapura dalam tujuh tahun terakhir. Kiper asal Ulsan, Korsel ini memperkuat Mutiara Hitam sejak 2010 silam.

Yoo Jae Hoon (Liputan6.com

Berbagai pengalaman dirasakan kiper 33 tahun ini. Dia juga membantu Mutiara Hitam saat sukses mencetak sejarah dengan lolos ke semifinal Piala AFC 2014 lalu.

Sang kiper sendiri selalu menghiasi mistar gawang Persipura. Total, dia sudah lebih dari 120 penampilan di Persipura.

I. Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Indra Ingin Ulangi Kejayaan Timnas Indonesia U-19 Era Evan Dimas
Artikel Selanjutnya
3 Calon Bintang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF