Sukses

Prediksi Mitra Kukar Vs Persipura Jayapura: Masih Ada Peluang

Liputan6.com, Jakarta - Laga seru bakal tersaji dalam pekan pamungkas Grup 1 Piala Presiden 2017 yang mempertandingkan antara Mitra Kukar versus Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/2/17). Masih ada peluang yang sangat terbuka oleh kedua klub untuk melesat ke babak 8-besar.

Mitra Kukar yang saat ini memuncaki klasemen Grup 1 tentu belum aman. Hasil imbang 3-3 melawan PSS Sleman menjadi pelajaran berharga bagi pasukan Jafri Sastra. Sebab, mereka bahkan harus tertinggal tiga gol lebih dahulu dari PSS.

Kelengahan itu tentu haram terjadi lagi saat melawan Persipura Jayapura yang notabene punya level di atas PSS. Jika sampai gagal dan kalah dari Persipura,sedangkan pada laga lain, Persegres Gresik menang atas PSS Sleman, maka Mitra Kukar akan tersingkir.

Apalagi, sejak 2011 lalu, Naga Mekes seakan sulit kala menghadapi Mutiara Hitam. Dari 8 kali bersua, tak satupun kemenangan yang berhasil didapatkan Mitra Kukar. Mereka hanya bisa meraih dua hasil imbang dan enam kekalahan.

“Laga terakhir kita bukan pertandingan yang mudah. Semua tim masih punya peluang lolos, termasuk Persipura. Jangan sampai kita terlena dan menyesal pada akhirnya,” ujar Jafri.

Sementara Persipura, masih bisa mengais sedikit peluang untuk lolos. Kekalahan dari Persegres kemarin menjadi pukulan telak bagi Boaz Solossa cs. Kemenangan di atas dua gol dan tak boleh kebobolan bisa membawanya lolos dengan berharap terpilih jadi peringkat dua terbaik.

1 dari 4 halaman

Evaluasi Persipura

Setumpuk catatan evaluasi tentu sudah dipegang oleh Alfredo Vera. Menguasai jalannya laga ternyata bukan jaminan. Melawan Persegres lalu, Mutiara Hitam sebenarnya berhasil meraih 65 persen bola.

Mereka bahkan sukses mencatatkan 18 kali percobaan ke gawang. Namun, hanya enam yang mengarah langsung. Bahkan, dari enam peluang itu, hanya satu yang tercipta jadi gol. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah berat jelang melawan Mitra Kukar.

Menghadapi Mitra Kukar, Alfredo Vera mengaku akan mengubah komposisi skuatnya. Di lini depan, dia berencana menurunkan Yan Piet Nasadit menggantikan Marianus Wanewar dan mendorong Boaz bermain lebih ke depan.

"Boaz akan kita dorong bermain lebih ke depan. Sebab kita membutuhkan kemenangan. Ini berat tetapi kami harus bisa lebih baik dari dua pertandingan sebelumnya. Semua tim masih membuka peluang untuk lolos. Kami juga kejar dua terbaik, sehingga lawan Mitra Kukar wajib menang,” ujar Vera.

Lantas, siapakah yang bakal memanfaatkan peluang untuk lolos ke babak selanjutnya? Menarik untuk dinantikan tentunya.

2 dari 4 halaman

Data dan Fakta

Fakta Pertandingan

- Persipura sebenarnya selalu menguasai penguasaan bola di atas 60 persen. Namun, nyatanya hanya ada satu gol saja yang bisa diciptakannya.

- Mitra Kukar belum sekalipun meraih kemenangan atas Persipura sejak 2011 lalu. Dari 8 pertandingan melawan Mutiara Hitam, Naga Mekes juga hanya mencetak lima gol saja dan kemasukan 14 gol.

- Persipura sendiri kemungkinan bakal menurunkan Edward Wilson Junior yang kembali saja direkrut.

- Kedua tim sama-sama masih berpeluang lolos. Mitra Kukar hanya butuh hasil imbang untuk lolos sebagai peringkat dua terbaik, sedang Persipura wajib menang di atas dua gol dan tanpa kebobolan sebagai peringkat dua terbaik.

Head to Head kedua tim:

07/12/16 Mitra Kukar 1 - 2 Persipura
14/08/16 Persipura 1 - 0 Mitra Kukar
29/08/14 Persipura 1 - 1 Mitra Kukar
11/02/14 Mitra Kukar 0 - 0 Persipura
16/06/13 Persipura 1 - 0 Mitra Kukar

Lima Pertandingan Terakhir Mitra Kukar

07/12/16 Mitra Kukar 1 - 2 Persipura
12/12/16 Semen Padang 3 - 2 Mitra Kukar
16/12/16 Persela 1 - 0 Mitra Kukar
04/02/17 Mitra Kukar 1 - 0 Gresik United
09/02/17 PSS Sleman 3 - 3 Mitra Kukar

Lima Pertandingan Terakhir Persipura Jayapura

07/12/16 Mitra Kukar 1 - 2 Persipura
11/12/16 Gresik United 0 - 3 Persipura
18/12/16 Persipura 4 - 2 PSM
04/02/17 PSS Sleman 0 - 0 Persipura
09/02/17 Persipura 1 - 2 Gresik United

3 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Mitra Kukar: Gerri Mandagi, Wiganda Pradika, Dedi Gusmawan, Jorge Gotor, Zikri Akbar, Bayu Pradana, Dhika Pratama, Oh Inkyun, Yogi Rahardian, Septian David Maulana, Angel Munoz.

Persipura Jayapura: Yoo Jae-hoon, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Imanuel Wanggai, Nelson Alom, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Prisca Womsiwor, Boaz Solossa.

I. Eka Setiawan