Sukses

Bos Napoli Tidak Menyesal Jual Higuain ke Juventus

Liputan6.com, Jakarta Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, menegaskan bahwa dirinya tak menyesal menjual Gonzalo Higuain ke Juventus, yang notabene merupakan rival utama mereka di Serie A, musim panas lalu. Pasalnya, mereka masih punya Dries Mertens yang menurutnya masih lebih baik dibanding Higuain.

Ya, sejak kepergian Higuain, Napoli mengandalkan Mertens di lini depan mereka sebagai false nine (penyerang palsu). Mertens sendiri sejatinya merupakan penyerang sayap. Posisi favoritnya adalah penyerang kiri.

Namun hasilnya justru mengejutkan. Sejauh musim ini ia sudah mengemas 16 gol dan 7 assist dari 22 laga di Serie A. Jumlah golnya tersebut hanya berselisih dua angka dari Higuain di puncak daftar skorer Serie A.

Di Liga Champions, Mertens bahkan lebih subur dibanding Higuain. Ia juga rajin memberi assist. Tercatat ia sudah menyumbang 4 gol dan 4 assist sepanjang babak penyisihan grup. Sedangkan Higuain baru mencetak tiga gol tanpa sekalipun memberikan assist.

"Secara kuantitas, Higuain memang lebih baik karena dia mencetak gol lebih banyak. Tapi dalam hal kualitas, termasuk memberi assist dan peduli pada rekan, saya menjagokan Mertens," kata De Laurentiis, dilansir dari Football Italia.

"Dia (Mertens) jauh lebih murah hati dibanding Pipita (sapaan Higuain). Dia tidak pernah marah terhadap kesalahan rekannya. Dia hanya kesal pada kesalahannya sendiri," tambah sang presiden.

1 dari 2 halaman

Puji Sarri

Selain menyanjung Mertens, De Laurentiis juga memuji pelatih Maurizio Sarri. Ia mengaku sangat terkesan dengan gaya kepelatihan Sarri. Meski riskan, menurutnya Sarri menghasilkan sepakbola yang sedap ditonton.

"Sepakbolanya Sarri sungguh spektakuler. Tetapi juga sangat berisiko. Saya memilih Sarri dan bertanggungjawab atasnya bahkan ketika banyak yang protes. Memenangkan trofi tak berarti apa-apa bagi saya. Yang lebih penting adalah memiliki ksatria cerdas seperti Sarri," ujarnya.

Adapun Napoli akan menjamu Real Madrid dalam babak 16 besar Liga Champions dini hari nanti. Laga tersebut menjadi ajang pembuktian bagi efektivitas taktik Sarri selama ini.

"Itu akan menjadi festival sepakbola. Ini adalah olahraga semua orang dan itulah yang ingin kami tonton," tambah De Laurentiis.

(Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Mancini: Napoli Bisa Scudetto Jika Pertahankan Higuain
Artikel Selanjutnya
KOLOM: Mandzukic, The Real Super Mario