Sukses

Persipura Tersingkir dari Piala Presiden

Liputan6.com, Sleman - Kemenangan 1-0 atas Mitra Kukar pada laga pamungkas penyisihan Grup A Piala Presiden 2017 ternyata tidak bisa menolong Persipura Jayapura lolos ke perempat final. Tim Mutiara Hitam harus puas menempati peringkat tiga klasemen akhir.

Sebenarnya, Persipura memiliki poin sama dengan Mitra Kukar, dan Gresik United, yakni empat poin. Tapi, Mitra Kukar lebih berhak lolos ke perempat final Piala Presiden karena memiliki produktivitas gol lebih baik, yakni 4-4. Turnamen pramusim ini tidak memberlakukan aturan head to head.

Sedangkan Persipura dan Gresik United memiliki produktivitas gol sama, yaitu 2-2. Karena sama, maka dilakukan pengundian untuk menentukan siapa peringkat kedua. Tim yang mendapatkan undian '2nd' makan akan menduduki peringkat kedua.

Pengundian dilakukan usai laga Persipura kontra Mitra Kuka di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/2/2017) malam WIB. Gresik United diwakili Bagus Citra Pratama, sedangkan Persipura mengutus Ridwan Madubun.

Berdasarkan hasil undian, Gresik United menempati peringkat kedua Grup A. Sedangkan Persipura harus puas di posisi tiga. Dengan demikian, juara Torabika Soccer Championship 2016 itu harus angkat koper dari turnamen ini.

Sementara itu, untuk klasemen sementara lima tim peringkat kedua dari kelima grup, Gresik United menempati posisi kedua. Posisi tim berjuluk Laskar Jaka Samudra itu tidak aman karena masih bisa dilewati Madura United, Persiba Balikpapan, dan Bali United yang baru memainkan dua laga.

Seperti diketahui, selain juara grup, tiga tim berperingkat dua terbaik akan melaju ke perempat final Piala Presiden.

Artikel Selanjutnya
8 Negara Lolos ke Piala Dunia 2018, Suriah Selangkah Lagi