Sukses

Turki akan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2024

Turki akan bersaing dengan Jerman dan empat negara Skandinavia untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Eropa 2024.

Liputan6.com, Jakarta Turki bakal mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Eropa 2024. Demikian diumumkan kepala Federasi Sepak Bola Turki Yuldirim Demiroren, Rabu (15/2/2017).

"Di kesempatan ini, kami meyakini keduanya sebagai dewan manajemen dan negara kami layak untuk mendapatkannya," kata Demiroren saat mengumumkan pencalonan itu bersama Menteri Olahraga Akif Cagatay Kilic.

Turki sebelumnya sudah tiga kali mengajukan diri sebagai tuan rumah putaran final Piala Eropa, yakni 2008, 2012, dan 2016. Namun, ketiga upaya itu berujung kegagalan.

Turki, tambah Demiroren, akan mengajukan aplikasi formalnya pada 2 Maret mendatang. Selain itu, dia tidak lupa menyoroti ivestasi-investasi terkini negara itu dalam stadion-stadion sebagai aset untuk pencalonan mereka.

"Turki hanya satu contoh negara di Eropa bahkan di dunia, yang telah membuat investasi di 32 stadion pada beberapa tahun terakhir," pungkas Demiroren

UEFA akan mengumumkan seluruh kandidat tuan rumah Piala Eropa 2024 pada 10 Maret mendatang. Sementara keputusan mengenai siapa kandidat yang menang akan diumumkan pada September 2018.

Selain Turki, Jerman juga akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Calon lainnya adalah empat negara Skandinavia, yakni Norwegia, Swedia, Demark, dan Finlandia yang ingin menjadi tuan rumah Piala Eropa bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.