Sukses

Prediksi PS TNI vs Arema FC: Kunci Juara Grup Piala Presiden 2017

Liputan6.com, Jakarta Arema FC bertekad untuk mengunci posisi juara Grup 2 saat menghadapi PS TNI di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (16/02/17). Sebab, lawannya tersebut pasti akan bermain nothing to lose lantaran sudah dipastikan tak lolos.

PS TNI memang harus menerima nasib buruk di Piala Presiden 2017. Pasukan Mustaqim ini sudah menelan dua kekalahan dalam dua laga awal di turnamen pramusim tersebut. Ini tentu hasil mengecewakan bagi mereka.

Akan tetapi, salah bila meremehkan Abduh Lestaluhu cs. Sebab, mereka tentunya tak mau pulang dengan kepala tertunduk andai kalah lagi. Meski sudah dipastikan gugur, PS TNI pastinya ingin memberikan yang terbaik, mumpung ini merupakan ajang uji coba sebelum Liga 1.

"Kami tetap akan memainkan sepakbola menyerang seperti pertandingan sebelumnya, dan kami siap memberikan perlawanan besok," ujar Mustaqim saat konferensi pers sebelum laga.

Pernyataan Mustaqim ini mengindikasikan kalau PS TNI punya mental baja. Apalagi, mereka punya modal bagus lantaran pernah mengalahkan Arema FC 2-1 pada TSC 2016 lalu.

1 dari 4 halaman

Paling Tangguh

Kendati begitu, Arema FC sendiri masih jadi tim yang tangguh di grup ini. Mereka sementara memuncaki klasemen Grup 2 dengan empat poin, unggul selisih gol dari Persija Jakarta yang punya angka sama.

Arema sendiri masih punya pekerjaan rumah yang menumpuk. Hasil imbang 1-1 melawan Persija Jakarta kemarin, menandakan kalau Singo Edan kudu berbenah. Padahal, dalam laga itu, mereka berhasil meraih 61 persen penguasaan bola plus tujuh percobaan tembakan ke gawang.

Tim besutan Aji Santoso ini tentu ingin memastikan babak 8-besar secara otomatis. Oleh sebab itu, mereka tak mau jemawa melawan tim yang sudah dipastikan tak lolos.

”Kami harus main lebih agresif lawan TNI. Sebab, lawan punya pemain muda yang punya stamina dan kecepatan. Meski sudah tidak punya peluang lolos, justru mereka bisa main lepas,” kata Aji.

Bermain di depan pendukung sendiri, Singo Edan tentu diunggulkan dalam laga nanti. Namun, seperti kata Aji Santoso tadi, kelengahan sekecil apapun malah bisa jadi bumerang bagi pasukannya.

2 dari 4 halaman

Data dan Fakta

Fakta Pertandingan

- Arema tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya, termasuk pada Trofeo Bhayangkara lalu.

- Sebaliknya, PS TNI malah belum bisa menang dalam 10 laga secara beruntun. Terakhir kali menang, yakni pada 6 November 2016 melawan Perseru Serui.

- Sejak terbentuk, PS TNI sendiri baru dua kali bertemu Arema FC. Keduanya saling mengalahkan dengan gol serupa, yakni 2-1.

- PS TNI sudah menggunakan pemain asing mulai di Piala Presiden 2017. Namun, dari dua nama, yakni Mamadou Barry, dan Ibrahim Conte tak sama sekali memberikan dampak.

Head to Head

25/11/16 Arema 2 - 1 PS TNI
31/07/16 PS TNI 2 - 1 Arema

Lima Pertandingan terakhir PS TNI
13/12/16 PS TNI 1 - 1 Bhayangkara FC
15/12/16 PS TNI 2 - 5 Sriwijaya
18/12/16 PS TNI 0 - 2 Persiba Balikpapan
05/02/17 Persija 1 - 0 PS TNI
11/02/17 Bhayangkara FC-  2 - 1 PS TNI    

Lima  Pertandingan Terakhir Arema FC

11/02/17 Persija 1 - 1 Arema FC
05/02/17 Arema FC 2 - 0 Bhayangkara FC
29/01/17 Arema FC 1 - 0 Persija Jakarta
29/01/17 Arema FC 0 - 0 Bhayangkara FC
18/12/16 Arema FC 0 - 0 Persib Bandung

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

PS TNI: Teguh Amiruddin; Andy Setyo Nugroho, Muhammad Abduh Lestaluhu, Rinto Ali, Manahati Lestusen; Ade Jantra, Ibrahim Conteh, Muhammad Kasim Slamat; Ahmad Nufian Dani, Muhammad Dimas Drajat, Mamadou Barry.

Pelatih: Mustaqim

Arema FC: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Bagas Adi Nugroho, Arthur Da Rocha, Johan Ahmat Farizi, Ahmad Bustomi, Adam Alis Setyano, Hanif Sjahbandi, Esteban Vizcarra, Cristian Gonzales, Nasir

Pelatih: Aji Santoso

I. Eka Setiawan