Sukses

Wasit Tenar Liga Inggris Hengkang ke Arab Saudi

Liputan6.com, London - Mark Clattenburg meninggalkan pekerjaannya di Liga Inggris. Sempat dikabarkan hengkang ke Tiongkok, dia menerima pekerjaan baru sebagai ketua komite wasit Arab Saudi.

Sosok berusia 41 tahun itu akan menggantikan Howard Webb, mantan wasit tenar Inggris lainnya. Clattenburg menandatangani kontrak setahun mulai bekerja sebelum putaran Liga Inggris berikutnya dimulai.

"Kami mengerti ini kesempatan menjanjikan bagi Mark. Kami turut senang karena pemilihannya menunjukkan bagaimana dunia mengakui kualitas wasit Inggris," tulis keterangan resmi Asosiasi Wasit Profesional Inggris, dilansir BBC.

Di Arab Saudi, Clattenburg diberi tanggungjawab meningkatkan penampilan kualitas ofisial pertandingan setempat. Dia juga akan memimpin sejumlah pertandingan.

"Ini langkah penting. Saya ingin segera bekerja dengan tim agar program ini berjalan sukses dan meninggalkan warisan untuk masa depan," tutur Clattenburg.

Mulai dipercaya memimpin laga Liga Inggris sejak 2004, Clattenburg menerima lencana FIFA dua tahun kemudian. Partai debutnya melibatkan Crystal Palace melawan Everton.

Clattenburg dianggap sebagai salah satu wasit terbaik dunia saat ini. Tahun lalu merupakan capaian terbaik di kariernya dengan dipercaya memimpin final Piala FA, Liga Champions, dan Piala Eropa.

1 dari 2 halaman

Teman Kontroversi

Meski diakui kepiawaiannya, Clattenburg juga tidak lepas dari kontroversi. Dia pernah dilarang bertugas selama delapan bulan karena terlibat hutang.

Pada 2012, Chelsea melaporkan Clattenburg karena menggunakan kata tidak pantas ketika memimpin pertandingan melawan Manchester United. Namun, tuduhan ini tidak terbukti.

Mark Clattenburg menato logo kompetisi setelah dipercaya memimpin final Liga Champions dan Piala Eropa tahun lalu. (ITV)

Keputusannya menato logo Liga Champions dan Piala Eropa juga dikritik. Publik menilai perilakunya berlebihan. 

Artikel Selanjutnya
Chelsea Bakal Rugi Lepas Diego Costa
Artikel Selanjutnya
Lukaku Jadi Pilihan Terbaik Bagi Chelsea