Sukses

5 Calon Pengganti Wenger di Arsenal: Dari Allegri hingga Loew

Liputan6.com, London - Kekalahan telak Arsenal 1-5 dari Bayern Muenchen di Liga Champions makin membuat posisi manajer Arsene Wenger tersudut. Hasil buruk dalam babak 16 besar ini menguatkan rumor hengkangnya Wenger pada akhir musim.

Kontrak pria 67 tahun tersebut bersama The Gunners diperkirakan bakal habis pada 30 Juni 2017 mendatang. Kabarnya Wenger juga semakin dekat dengan kursi pelatih Timnas Inggris.

Belakangan, muncul nama-nama pelatih top Eropa yang masuk daftar pengganti Wenger. Seperti Massimiliano Allegri hingga manajer lokal semisal Eddie Howe yang tengah menangani Bournemouth.

Allegri dan manajemen Juventus sudah berdiskusi pada Januari lalu dan mengutarakan rencana jangka panjang masing-masing. Seperti dilansir dari Calciomercato, Allegri memiliki sisa kontrak satu setengah tahun lagi dan ingin memutuskan masa depannya lebih cepat.

Selain Allegri, beberapa kandidat lain juga masuk dalam daftar. Mereka dinilai berdasarkan kesamaan karakter melatih dengan Wenger hingga prestasi. Berikut daftarnya:

1 dari 6 halaman

Eddie Howe

Howe menangani Bournemouth saat tim ini masih bercokol di kompetisi bawah League Two pada 2008 silam dan kini The Cherries sudah bermain selevel dengan tim-tim terbaik Inggris di Liga Premier.

Kualitas Howe terletak pada kemampuan menyajikan permainan menyerang dengan didukung banyak pemain muda. Kebiasaan ini sama dengan ciri khas yang dibangun Wenger bersama Arsenal.

2 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri

Allegri sudah membuktikan diri sebagai salah satu pelatih terbaik Eropa dengan berbagai gelarnya bersama Juventus. Dia bisa meneruskan kesuksesan Juve yang ditinggal Antonio Conte ke timnas Italia.

Dia mampu membawa Si Nyonya Tua juara Serie A dua kali turut-turut pada 2014/2105 dan 2015/2016) dan dua gelar SuperCoppa Italia. Selain itu, eks-pelatih Milan tersebut membawa Juventus ke final Liga Champios 2016

3 dari 6 halaman

Leornado Jardim

Nama Jardim melejit saat menangani AS Monaco sejak 2014. Pada tahun pertamanya di Ligue 1, Monaco bisa finis di peringkat tiga, dan terulang setahun kemudian.

Jardim dianggap cocok karena di usianyanya yang masih terbilang muda, 42 tahun, dia sudah punya pengalaman lebih dari satu dekade sebagai pelatih. Jardin juga mengecap kesuksesan bersama klub Portugal Sporting Lisbon dan Olympiacos di Yunani.

4 dari 6 halaman

Roger Schmidt

Nama baru yang masuk sebagai kandidat pengganti Wenger adalah Roger Schmidt, pelatih Bayer Leverkusen. Musim ini mengkin bukan yang terbaik untuknya karena Leverkusen bertengger di posisi kesembilan, tapi orang Jerman yang satu ini bisa mencoba mengikuti Jurgen Klopp di Liverpool.

Schmidt, 49 tahun, sudah 13 tahun menjadi pelatih. Salah satu kesuksesannya adalah membawa Red Bull Salzburg juara Liga Austria pada 2014 sebelum direkrut Leverkusen.

5 dari 6 halaman

Joachim Loew

Masuknya nama Loew sebagai kandidat pengganti Wenger cukup mengejutkan karena dia masih menukangi timnas Jerman. Klub terakhir yang dia latih adalah Austria Wien pada 2003 sebelum dipanggil untuk menjadi asisten Juergen Klinsmann untuk Piala Eropa 2004.

Satu-satunya persamaan Wenger dengan Loew adalah kemampuan mengorbitkan pemain muda. Hanya saja batu sandungan manajer Arsenal saat ini adalah keterbatasan dana untuk mengumpulkan wonderkid mahal ke London.

Artikel Selanjutnya
5 Calon Bintang Baru Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
5 Pelatih Top Serie A yang Bakal Pindah Klub