Sukses

Skenario Persib Menuju Babak 8 Besar Piala Presiden 2017

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung masih memimpin klasemen Grup C Piala Presiden 2017. Persib berada di urutan teratas dengan koleksi enam poin usai merebut kemenangan atas PSM Makassar dan Persiba Balikpapan.

Di laga terakhir, Persib akan menghadapi Persela Lamongan di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, sore ini (17/2/2017). Laskar Joko Tingkir sendiri sejauh ini baru mengantongi tiga poin dari dua kemenangan.

Dengan koleksi 6 poin yang dimiliki, peluang Persib menuju babak 8 besar sangat terbuka lebar. Sebab dengan hasil imbang saja, sebenarnya sudah cukup bagi Maung Bandung untuk mengunci posisi pemuncak klasemen Grup 3 dan otomatis melaju ke babak perempat final. Lantas bagaimana bila Persib kalah?

Peluang pasukan Djadjang Nurdjaman juga belum tentu tertutup. Sebab, bila Persiba Balikpapan yang baru mengantongi 3 poin hanya mampu meraih hasil maksimal imbang lawan PSM Makassar, maka Maung Bandung akan menempati posisi runner up Grup 3 dengan koleksi 6 poin dari tiga pertandingan.

Dengan demikian, maka Persib masih berpeluang melaju ke babak 8 besar sebagai runner up terbaik. Sesuai regulasi Piala Presiden 2017, selain juara grup, 3 runner up terbaik juga berhak melaju ke perempat final.

Sejauh ini, posisi runner up terbaik masih ditempati oleh Bhayangkara FC dengan koleksi 6 poin dari 3 laga. Selanjutnya menyusul Mitra Kukar dengan empat poin dari 3 laga. Sementara Persiba dan Madura United mengantongi 3 poin, denan satu laga tersisa. Sedangkan, Bali United mengoleksi 2 poin dari dua laga.

1 dari 2 halaman

Skenario Berubah

Namun skenario bakal berubah bila Persiba Balikpapan berhasil mengalahkan PSM di laga terakhir. Sebab bila Persib kalah dari Persela maka di Grup C akan terdapat tiga tim yang sama-sama mengoleksi 6 poin. Dalam posisi seperti ini, maka tim yang melaju ke babak perempat final akan ditentukan lewat produktivitas gol.

Sampai saat ini, Persib Bandung telah memasukkan 4 gol dan baru kebobolan satu gol. Sedangkan Persela Lamongan saat ini baru memasukkan dua gol dan kebobolan 2 gol. Sedangkan Persiba memasukkan dua gol, tapi kebobolan tiga gol. Demi menjaga peluang, Persib sebaiknya menghindari kebobolan lebih dari 2 gol.

Meski cukup dengan hasil imbang, Persib tidak ingin tampil setengah hati saat bertemu Persela. Sebaliknya Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman tetap akan menurunkan kekuatan terbaik pada pertandingan ini.

 (Baca juga berita: Piala Presiden: Bertemu Persela, Persib Waspadai Mantan)