Sukses

570 Atlet Bersaing di Festival Pencak Silat 2017

Sebanyak 342 atlet mengikuti nomor tanding dalam festival pencak silat pesisir itu. Sedangkan nomor seni diikuti 228 atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 570 atlet bersaing di Festival Pencak Silat Pesisir 2017. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.

Event olahraga ini digelar di kawasan Ancol, Jakarta, pada 17-19 Februari. Sebanyak 342 atlet mengikuti nomor tanding dalam festival pencak silat pesisir itu. Sedangkan nomor seni diikuti 228 atlet.

"Sebagian besar peserta berusia remaja atau di bawah 17 tahun," kata Ketua Dewan Pendekar Perguruan Pencak Silat Perisai Putih Datuak Icu Zukafril.

Icu mengatakan, pencak silat pesisir berbeda dengan penyelenggaraan kejuaraan pencak silat yang berlangsung di dalam gelanggang. Sebab, pertandingan digelar di tepi pantai.

"Pencak silat pesisir ini lebih sulit karena pergerakan para atlet lebih berat dengan berlaga di pesisir. Mereka harus sering menyerang dan bertahan dengan posisi yang lebih tinggi dibanding pencak silat sebelumnya," katanya.

Namun, atlet-atlet pencak silat pesisir dilarang menggunakan pasir pantai untuk menyerang lawan. "Mereka akan langsung terkena diskualifikasi jika menggunakan pasir."

"Kekalahan pencak silat Indonesia dalam dua kali penyelenggaraan Asian Beach Games melatarbelakangi festival pencak silat pesisir ini," ucapnya.

Icu menambahkan, festival yang memperebutkan Piala Menko Bidang Kemaritiman itu juga bertujuan mempersiapkan regenerasi atlet-atlet Merah-Putih terutama dalam mengikuti Asian Beach Games. Selain itu, event ini juga untuk menyambut ulang tahun Perisai Putih ke-50. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.