Sukses

6 Pemain Serie A Ini Berpeluang Besar Gabung Timnas Italia

Pelatih tim nasional Italia, Giampiero Ventura memanggil delapan nama baru untuk ikut bergabung ke dalam latihan skuad timnas.

Liputan6.com, Roma - Pelatih tim nasional Italia, Giampiero Ventura memanggil delapan nama baru untuk ikut bergabung ke dalam latihan skuat timnas, yang rencananya akan digelar di pusat latihan Casa Italia, Kota Firenze, pekan depan.

Pemain yang dipanggil adalah mereka yang tampil gemilang dalam beberapa periode terakhir. Dengan memperhatikan langsung secara lebih dekat, Ventura nantinya akan lebih mudah menyeleksi mereka.

Dari delapan nama yang dipanggil, dua di antaranya berasal dari Klub Serie B, SPAL 2013. Mereka adalah Kevin Bonifazi (bek) dan Alex Meret (kiper). Alex Meret sejatinya milik Udinese, namun musim ini dipinjamkan ke SPAL.

Sedangkan enam pemain lainnya merumput di Serie A, dan belakangan memang tengah bersinar bersama klubnya masing-masing. Berikut enam pemain tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Roberto Gagliardini

Roberto Gagliardini mulai mencuri perhatian sejak bermain untuk Atalanta. Setelah diincar banyak klub, dia akhirnya memilih berlabuh bersama Inter Milan pada bursa musim dingin lalu.

Nama Gagliardini pun menjadi salah satu trending topic di masa bursa transfer Januari lalu.

Gagliardini, 23 tahun, merupakan pemain jebolan akademi sepak bola Atalanta. Bersama Inter, ia langsung menjalani debutnya sebagai starter, saat melawan Chievo Verona, yang berakhir dengan kemenangan Inter, 3-1.

Pemangggilan untuk bergabung dengan timnas ini akan menjadi kesempatan bagi Gagliardini untuk membuktikan sejauh mana kelasnya sebagai gelandang.

3 dari 7 halaman

Domenico Berardi

Di antara segenap pemain yang tengah bersinar, nama Domenico Berardi patut ditandai. Sejak berseragam Sassuolo, penyerang berusia 22 tahun ini sudah mengemas 56 gol dan 35 assist dari 146 laga.

Tak ayal, ia kini menjadi incaran banyak klub besar, seperti Chelsea, Manchester United, Liverpool, dan Manchester City. Chelsea, misalnya, sudah mengajukan penawaran sebesar 25 juta euro (Rp 357 miliar) untuk pemain berusia 22 tahun itu.

Di dalam negeri, Berardi tengah diburu oleh Juventus dan Inter Milan. Berardi sendiri pernah menjadi milik Juventus di rentang waktu 1 September 2013 hingga 30 Juni 2015. Saat itu ia dibeli Juventus dari Sassuolo seharga 4,5 juta euro.

Namun, ia tak sempat merasakan bermain dengan Buffon dkk karena ia tetap dibiarkan bermain bersama Sassuolo sebagai pemain pinjaman selama dua tahun, tepatnya sampai 30 Juni 2015.

Akhirnya, pada 1 Juli 2015, Berardi dibeli kembali oleh Sassulo dengan harga dua kali lipat, yakni senilai 10 juta euro. Dan sampai sekarang, ia betah di Sassuolo dan berkembang menjadi bintang baru di Serie A.

4 dari 7 halaman

Gianluca Lapadula

Meski belum mendapatkan tempat utama di Milan, penampilan Gianluca Lapadula bersama Milan musim ini cukup menyita perhatian. Antara lain saat ia menjadi pahlawan kemenangan I Rossoneri atas Crotone 2-1 pada 3 Desember 2016.

Meski lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti, Lapadula tercatat sudah tampil sebanyak 18 kali, serta mencetak empat gol dan menyumbang dua assist.

Dari segi usia, saat ini Lapadula sudah berumur 27 tahun, usia yang cukup matang bagi seorang pemain untuk menembus timnas. Untuk itu, Lapadula perlu berjuang keras untuk membuktikan dirinya layak menjadi bagian skuad timnas Italia.

5 dari 7 halaman

Leonardo Spinazzola

Leonardo Spinazzola tampil cukup mengesankan bersama Atalanta musim ini. Ia sudah bermain sebanyak 18 kali dan menyumbang dua assist.

Spinazzola sejatinya adalah milik Juventus. Oleh Atalanta, gelandang 24 tahun ini dipinjam selama dua tahun sampai musim depan.

Sejak menembus tim utama Juventus pada 2013, Spinazzola memang lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Antara lain Virtus Lanciano, Siena, Vicenza, dan Perugia.

6 dari 7 halaman

Simone Verdi


Simone Verdi mulai bersinar sejak bergabung bersama Bologna musim panas tahun lalu. Ia dibeli dari AC Milan dengan harga murah, yakni Rp 21 miliar.

Penyerang berusia 24 tahun ini musim ini sudah tampil dalam 17 pertandingan, menyumbang 4 gol dan dua assist.

Di lini depan skuad timnas Italia, Verdi nantinya harus bersaing dengan pemain-pemain berbakat lainnya seperti Domenico Berardi (Sassuolo), Gianluca Caprari (Pescara), Federico Di Francesco (Bologna), Diego Falcinelli (Crotone), Roberto Inglese (Chievo Verona), Gianluca Lapadula (Milan), dan Andrea Petagna (Atalanta).

7 dari 7 halaman

Federico Di Francesco

Pemain ini mungkin tak sepopuler Gagliardini atau Lapadula. Hal itu wajar karena ia tak terlalu sering diberitakan. Seperti Verdi, Federico Di Francesco juga merupakan pemain Bologna. Ia bermain di posisi sayap kanan. Tetapi tak jarang pula ia dimainkan di posisi sayap kiri atau gelandang serang.

Umur Di Francesco ini masih 22 tahun. Ia bergabung dengan Bologna sejak musim panas tahun 2016 dan diikat kontrak hingga Juni 2021. Sebelum ke Bologna, pemain jebolan akademi sepakbola Pescara ini juga pernah membela Parma.

Sejauh musim pertamanya bersama Bologna ini, putra dari Eusebio Di Francesco (sekarang pelatih Sassuolo) ini sudah tampil sebanyak 18 kali dan mencetak dua gol dan dua assist.

(Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.