Sukses

AC Milan Petik Kemenangan atas Fiorentina

Pertemuan AC Milan versus Fiorentina ini merupakan laga krusial untuk mengamankan tiket ke kompetisi Eropa musim depan.

Liputan6.com, Milan - AC Milan akhirnya sukses memetik kemenangan lewat skor 2-1 atas Fiorentina pada Senin (20/2/2017) dinihari WIB. Dua gol Rossoneri dicetak oleh Juraj Kucka dan Gerard Deulofeu di babak pertama.

Tuan rumah kehilangan banyak pemain dalam pertandingan pekan ke-25 Serie A musim ini. Selain cederanya dua bek andalan Alessio Romagnoli dan Mattia De Sciglio, gelandang Giacomo Bonaventura juga akan absen hingga akhir musim.

Namun, pelatih Vincenzo Montella sudah dapat menurunkan Gabriel Paletta dan Juraj Kucka. Nama terakhir menjadi salah satu aktor kemenangan karena membuka keunggulan AC Milan pada menit ke-16.

Kucka mencetak gol dengan heading-nya, memanfaatkan tendangan bebas Suso dari kiri pertahanan La Viola. Saat itu, pemain timnas Slovenia tersebut unggul dalam perebutan bola dengan Davide Astori.

Baru empat menit berjalan setelah gol pertama, tuan rumah malah kebobolan. Striker Nikola Kalinić mendapat umpan silang dari Federico Chiesa dan langsung melakukan tembakan dengan kaki kirinya. Shooting Kalinic tak mampu ditangkap kiper Gianluigi Donnarumma.

Gol balasan La Viola agaknya membuat Carlos Bacca dan kawan-kawan kehilangan fokus. AC Milan malah kesulitan menguasai bola dan Donnarumma berupaya menyelamatkan gawangnya.

Gol tambahan untuk Milan akhirnya terjadi pada menit ke-31 dari kaki pemain anyar Gerard Deulofeu. Penyerang Spanyol tersebut mencetak gol dari jarak dekat usai melewati hadangan dua pemain Fiorentina.

Jelang babak pertama berakhir Deulofeu tak berhenti mengancam pertahanan lawan. Dia bereksplorasi di sisi kanan lapangan memanfaatkan kolaborasi apik Sosa dan Abate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua wasit mengeluarkan keputusan kontroversial.  Pemain Fiorentina tak puas dengan kartu kuning yang diterima bek muda AC Milan Gustavo Gomez yang melanggar Kalinic tepat di depan kotak penalti. Tapi situasi akhirnya bisa diredam.

Sama seperti babak awal, Milan gagal memiliki penguasaan bola, tapi bukan berarti penjaga gawangnya kerepotan melakukan penyelamatan. Sejauh ini Donnarumma malah tak menemukan ancaman berarti dari Fiorentina.

Dua pencetak gol Milan akhirnya ditarik. Kucka diganti dengan Cristian Zapata dan Deulofeu ditarik agar Andrea Bertolacci masuk. Tampaknya Montella ingin bermain aman dan mempertahankan keunggulan.

Pertemuan AC Milan versus Fiorentina ini merupakan laga krusial untuk mengamankan tiket ke kompetisi Eropa musim depan. Secara statistik, Fiorentina sebetulnya lebih unggul karena Milan hanya menang dua kali dalam 11 laga terakhirnya melawan La Viola dan lima di antaranya berakhir kalah.

Jelang lima menit laga bubar, kiper Fiorentina Ciprian Tătărușanu membuat penyelamatan gemilang dengan sukses memblok tendangan keras Abate dari sisi kanan. Sebaliknya Donnaruma juga melakukan save di menit injury-time saat Milan Badlej menembak dari luar kotak penalti.

Hingga pertandingan selesai skor tak berubah 2-1 untuk kemenangan AC Milan. Lewat hasil ini mereka kini hanya terpaut tiga poin dari Lazio yang menghuni peringkat enam.

Susunan Pemain AC Milan vs Fiorentina:

Milan (4-3-3): Donnarumma; Abate, Gomez, Paletta, Vangioni; Kucka, Sosa, Pasalic; Suso, Bacca, Deulofeu.

Cadangan Milan: Lapadula, Honda, Ocampos, Fernandez, Poli, Zapata, Storari, Plizzari, Zucchetti, Locatelli, Bertolacci, Calabria.

Fiorentina (3-4-3): Tatarusanu; Salcedo, Rodriguez, Astori; Chiesa, Sanchez, Vecino, Cristofono; Ilicic, Kalinic, Borja Valero.

Cadangan Fiorentina: De Maio, Badelj, Olivera, Tello, Saponara, Satalino, Hagi, Babacar, Milic, Tomovic, Sportiello.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.