Sukses

Pengadilan Spanyol Tolak Banding Neymar

Neymar dan Barcelona melakukan penipuan saat proses transfer sang pemain pada 2013.

Liputan6.com, Barcelona - Awal pekan ini, pengadilan Spanyol menolak banding yang diajukan bintang Barcelona, Neymar terkait dugaan penipuan dan korupsi saat proses transfer sang pemain dari Santos, empat tahun lalu. Keputusan ini membuat Neymar tinggal selangkah lagi menjalani sidang.

Saat mendatangkan Neymar, manajemen Los Blaugrana --sebutan Barcelona-- mengungkapkan kalau transfer pemain asal Brasil itu seharga 57 juta euro atau setara Rp 806 miliar. Barcelona juga menyebut sebagian besar uang transfer, yakni 40 juta euro (Rp 565,9 miliar) masuk ke rekening keluarga Neymar.

Namun, pihak berwengan menyakini kalau ada kejanggalan dari proses transfer tersebut. Mereka malah menyebut biaya transfer Neymar lebih dari 83 juta euro atau senilai dengan Rp 1,2 triliun.

Kasus penipuan ini mulai tercium setelah perusahan investasi Brasil, DIS mengeluh. DIS yang memiliki 40 persen hak olahraga Neymar dari proses transfernya hanya menerima 6,8 juta euro.

Seperti dikutip dari Marca, DIS merasa dicurangi karena sebagian dana transfer dirahasiakan oleh Barcelona, Santos dan keluarga Neymar.

Sebenarnya, pada November 2016, Neymar sudah dijatuhi ancaman penjara selama dua tahun dan denda 10 juta euro karena kasus penipuan dan korupsi ini. Namun manajemen Barcelona dan Neymar melakukan banding.

Hukuman penjara dua tahun untuk Neymar sebenarnya bisa dikurangi. Sebab, undang-undang di Spanyol menyebut pelaku yang baru pertama kali melakukan tindakan pidana bisa mendapatkan pengurangan sanksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar

  • Liga Spanyol

Video Terkini