Sukses

Rekor Gaji buat Rooney

Sesuai dengan kesepakatan semula seusai PD 2010 proses negosiasi kontrak baru Wayne Rooney segera dimulai. MU menyodorkan kontrak lima tahun dengan rekor gaji sebesar 130 ribu pound per minggu.

Liputan6.com, Manchester: Sejak November 2009 tersiar kabar jika Manchester United berniat menyodorkan kontrak baru bagi pemain bintangnya, Wayne Rooney. Ketika itu, The Red Devils ditengarai bakal menyodorkan kontrak bernilai luar biasa, dimana Rooney diplot bakal mendapatkan gaji plus hak cipta imej sebesar 170 ribu pound per minggunya, jumlah yang melebihi pendapatan mantan bintang MU Cristiano Ronaldo (Baca: Mega Deal untuk Rooney).

Ketika tahun berganti, muncul kabar jika proses negosiasi kontrak baru Rooney disepakati baru akan digelar di meja perundingan seusai berakhirnya pergelaran putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan. MU mendapat jaminan dari kubu Rooney yang tidak akan pindah ke lain hati dan berkomitmen tetap tinggal di Old Trafford (Baca: Sanggupkah MU Penuhi Tuntutan Rooney?).

Kini, PD 2010 telah berakhir, MU pun bersiap menggelar negosiasi dengan pemain berusia 24 tahun itu. Lagipula, baru saja Rooney dan agennya Paul Stretford dibebaskan dari kewajiban membayar kompensasi seperti yang tercantum dalam tuntutan mantan agennya Proactive Sports Management (Baca: Rooney Lolos dari Denda 60 Miliar). Dengan demikian Stretford bebas melakukan nego dengan MU. Direncanakan proses negosiasi akan digelar begitu Chief Executive MU David Gill pulang dari AS. Jika berjalan dengan mulus, kontrak baru Rooney akan dirilis ke muka publik sebelum MU memulai petualangannya di kancah premiership musim ini melawan Newcastle United, 16 Agustus.

Dalam proposal kontrak baru itu, MU bakal menyodorkan gaji sebesar 130 ribu pound (sekitar Rp 1,8 miliar) per minggunya. Jumlah tertinggi bagi pemain MU sepanjang sejarah. Jumlah itu lebih besar 40 ribu pound dibanding gaji Rooney dalam kontrak berjalan yang mencapai 90 ribu pound per pekan. Dan jumlah itu pun lebih tinggi dibanding gaji Rio Ferdinand senilai 120 ribu pound. Dengan demikian, dalam terms kontrak barunya itu, per tahun Rooney bakal mendapat gaji sekitar 6,76 juta pound atau dalam tempo lima tahun bernilai 33,8 juta pound (sekitar Rp 470 miliar).

Selain itu, di luar gaji, Rooney bakal mendapatkan bonus dari hak cipta imejnya yang ditengarai per bulannya bakal mencapai 760 ribu pound (sekitar Rp 10,56 miliar). Atau dalam setahun bernilai 9,12 juta pound (Rp 126,7 miliar).(MEG/Mirror)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini