Sukses

Sentuhan Emas Allegri Melambungkan Juventus

Juventus tampil brilian di markas Porto.

Liputan6.com, Turin - Juventus menang 2-0 atas FC Porto pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, di Estadio do Dragao, Rabu (22/2/2017). Ada sentuhan emas Massimiliano Allegri di laga tersebut.

Meski berstatus tim tamu, Juventus lebih mendominasi permainan. Dominasi mereka makin terasa setelah Porto kehilangan Alex Telles pada menit ke-27. Bek kiri asal Brasil itu diusir wasit setelah mendapatkan dua kartu kuning.

Unggul jumlah pemain tak membuat Juve mudah mencetak gol. Hingga pertengahan babak kedua, skor 0-0 belum berubah.

Keputusan Allegri untuk memasukkan Marko Pjaca dan Dani Alves terbukti sangat jitu. Pjaca berhasil membuka skor pada menit ke-72 dan disusul oleh gol Alves pada menit ke-74.
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (AP Photo/Paulo Duarte)
"Juventus bermain bagus dalam hal karakter dan kami hanya di bawah tekanan selama lima menit. Kemudian kami mengontrol pertandingan baik ketika melawan 11 atau 10 pemain," ujarnya kepada Mediaset Premium.

"Para pemain tetap sabar, mencoba membiarkan lawan dan akhirnya kami membawa pulang kemenangan penting. Tadi bisa saja 3-0, tapi ini (2-0) sudah bagus," lanjut Allegri.

Dalam kesempatan itu, Allegri juga memuji Pjaca yang tampil brilian sebagai pemain pengganti. "Saya sudah melihat dari Sabtu kalau dia sudah mengubah perilakunya dan dia paham ada beberapa hal yang tak cukup untuk sekedar dimainkan dalam sepak bola Italia."
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (AP Photo/Paulo Duarte)

Allegri juga mengungkapkan bahwa menangani pemain muda seperti Pjaca memang butuh kesabaran. Jebolan Lokomotiva Zagreb tersebut memiliki bakat, teknik dan kecepatan yang perlu dimanfaatkan sesuai kebutuhan tim seperti yang ditunjukkanya di babak 16 besar Liga Champions.

"Dia masih muda dan kami butuh kesabaran dengan pemain muda," ucap Allegri.

Juventus sendiri tak terkalahkan sejak menggunakan formasi baru 4-2-3-1. Allegri pun senang atas pencapaian ini. "Saya ubah formasi karena tim butuh ruang untuk bernapas. Kami ingin terus berkembang dan menjadi lebih percaya diri dengan formasi ini. Perjalanan masih panjang," katanya.

Dengan kemenangan ini, Juventus hanya membutuhkan hasil imbang di leg kedua untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions.
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri (AP Photo/Paulo Duarte)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.