Sukses

Protes Penalti, Kiper Vietnam Ini Disanksi 2 Tahun

Kiper Vietnam ini membelakangi pemain yang menendang penalti sebagai aksi protes.

Liputan6.com, Jakarta Nasib sial dialami oleh Nguyen Minh Nhut, kiper dari Long An yang bermain di Liga Utama Vietnam. Bermaksud untuk memprotes keputusan wasit, pemain berusia 30 tahun itu justru harus beristirahat dari sepak  bola selama dua tahun.

Nasib nahas yang dialami oleh Nguyen berawal ketika timnya bermain menghadapi Ho Chi Minh City. Ketika itu, skor kedua tim masih imbang 2-2, hingga akhirnya wasit mengeluarkan keputusan kontroversi, yakni memberikan hadiah penalti kepada Ho Chi Minh.

Adanya salah satu pemain Ho Chi Minh yang terjatuh setelah berebut bola di udara hasil umpan dari pemain Ho Chi Minh, menjadi pertimbagan wasit memberikan hadiah penalti tersebut. Namun, keputusan itu diprotes oleh para pemain Long An, termasuk Nguyen.

Meskipun mendapat protes, namun wasit tetap pada pendiriannya, memberikan hadiah penalti. Aksi protes mencapai puncaknya ketika pemain Ho Chi Minh mengeksekusi hadiah penalti itu.

Alih-alih mengalau tendangan penalti, Nguyen justru berbalik arah menghadap kebelakang. Alhasil, bola hasil tendangan penalti tersebut meluncur mulus ke gawang Long An. 3-2 untuk Ho Chi Minh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Konyol

Aksi protes Nguyen tidak berhenti di situ. Setelah melakukan kick off pasca terjadinya gol penalti, pemain Long An terlihat dengan sengaja memberikan bola kepada pemain lawan. Bahkan, ketika pemain lawan itu menguasai bola, tidak terlihat ada pemain Long An yang mencoba merebutnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Nguyen. Alih-alih merebut bola dari pemain lawan, dia jutru sengaja membiarkannya lewat. Bahkan Nguyen menunjukan ‘atraksi’ dengan cari berguling di sisi pemain lawan yang membawa bola itu.

Kondisi lebih parah kembali dilakukan oleh Nguyen setelah gol itu. Beberapa saat setelah kedudukan menjadi 4-2, dia justru dengan sengaja berjalan ke depan ketika pemain lawan membawa bola ke arah gawangnya. Alhasil, tim lawan mampu dengan mudah memperlebar keunggulan menjadi 5-2.

Atas aksinya itu, Vietnam Football Federation (VFF) mejatuhkan hukuman larangan bermain dua tahun kepada pemilik nomor punggung 1 itu. Tidak hanya kiper, kapten mereka juga mendapat hukuman serupa.

“Dalam sebuah pernyataan, VFF mengatakan bahwa Mimh Nhut dan kapten Huynh Quang Thanh akan dilarang selama 24 bulan karena mengganggu pertandingan,” demikian keterangan yang dimuat The Sun.

“Pelatih Ngo Quang Sang juga diskors selama tiga tahun. Ketua klub Vo Thanh Nhiem juga berhenti setelah tim mereka bereaksi marah terhadap wasit yang menghadiahi penalti,” lanjut keterangan itu. (Inov Nastora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.