Disiplin Ketat ala Mourinho

  • Liga Spanyol
  • 0
  • 17 Jul 2010 14:45

img_mourinho-202.jpg

Jose Mourinho memimpin latihan pertamanya di Real Madrid, 16 Juli 2010. AFP PHOTO/DANI POZO

Liputan6.com, Madrid: Jose Mourinho memulai tugasnya sebagai pelatih Real Madrid yang baru. Menegakkan aturan menjadi langkah pertama pelatih asal Portugal tersebut sebelum memulai sesi latihan pertama di bawah arahannya. Disiplin waktu dengan tegas digariswabahi.

“Saya tidak akan menunggu siapapun juga. Jika seorang pemain telat masuk ke dalam bus tim, ia akan ditinggal,” seru Mourinho. “Tidak ada pengecualian, bahkan jika harus bermain dengan jumlah pemain yang kurang sekalipun.”

Lima aturan saklek dijabarkan Mourinho selama ia menjabat pelatih dan seluruh pemain Los Blancos wajib menjalani. Kelima aturan itu adalah:

1. Siapapun yang datang terlambat ke tempat latihan tidak akan diperkenankan berlatih dalam tim, atau dengan kata lain berlatih sendiri. Waktu sesi latihan pertama yakni pukul 09:30 pagi waktu setempat.

2. Tepat waktu merupakan kunci yang harus disanggupi seluruh pemain. Bus yang mengangkut tim datang dan berangkat tepat pada waktunya. Jika ada yang terlambat maka akan ditinggal apa pun alasannya.

3. Sesi latihan berlangsung 90 menit, namun porsi latihan fisik tanpa bola akan mendapat prioritas lebih.

4. Pemain yang cedera diwajibkan langsung datang ke Valdebebas, kamp pelatihan tim di pinggiran Kota Madrid, satu jam sebelum latihan agar mendapat perawatan dari staf medis. Dengan demikian diharapkan dokter tim bisa memberi informasi tentang kondisi terakhir pemain untuk menentukan bisa atau tidaknya ia mengikuti latihan.

5. Penggunaan telepon genggam dan mendengarkan musik diperkenankan dalam bus, tapi telepon genggam harus dalam mode silent. Mendengarkan musik melalui iPad atau peralatan lain tidak menimbulkan kebisingan yang dapat mengganggu orang lain.

Mourinho intensif menekankan disiplin dari para pemain Madrid untuk dapat meraih sukses pada musim pertamanya sejak menggantikan Manuel Pellegrini, pelatih Madrid musim lalu. Kita tunggu apakah disiplin ala Mourinho bisa menghasilkan kesuksesan. Madrid terakhir kali menjuarai La Liga pada 2008, sedangkan titel Liga Champions terakhir mereka raih pada 2002.(DIM/Marca)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler