Sukses

Kelar TC Timnas, Apa Kegiatan Luis Milla?

Luis Milla mengatakan setiap pelatih seyogiyanya memulai kariernya dengan menangani grassroot

Liputan6.com, Depok - Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla punya agenda baru setelah menyelesaikan pemusatan latihan (TC) gelombang pertama timnas U-22 pada Kamis (23/2/2017) kemarin. Milla diberi kesempatan untuk memberikan materi dalam kursus kepelatihan C AFC di National Youth Training Centre (NYTC) Sawangan, Depok, Jumat (24/2) siang tadi.

Sebanyak 24 pelatih dalam negeri telah mengikuti kursus yang diadakan PSSI mulai 20 Februari sampai 4 Maret mendatang. Dalam kunjungannya, Milla berbagi ilmu kepelatihan usia dini sampai pengalamannya dilatih legenda Belanda Johan Cruyff.

Eks gelandang bertahan Barcelona itu mengatakan setiap pelatih seyogyanya memulai kariernya dengan menangani grassroot (level akar rumput atau usia dini) seperti yang dia lakukan di Spanyol. Luis Milla juga membeberkan perbedaan era sebelum dan sesudah kepelatihan Cruyff di klub Catalan itu.

"Enam tahun bermain di Barcelona, saya beruntung karena dilatih Cruyff, dan diajari nilai serta filosofi yang beliau ajarkan. Ketika beliau latihan, ketika dia kasih instruksi dia langsung directly person to person. Bisa dilihat Barcelona sekarang bermain indah karena itulah yang diajarkan kepada saya, Pep, Enrique, Rijkaard sejak era Cryuff," kata Milla di hadapan para pelatih.

"Indonesia punya pemain dengan teknik yang sangat bagus, dengan dukungan pemerintah dan federasi, saya yakin negara ini bisa berprestasi. Tiga hari saya melatih Timnas Indonesia, saya sudah mendapati pemain-pemain yang bagus secara teknik dan skill individu," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pelatih yang mengikuti kursus, Gusnaedi Adang mengatakan para peserta kursus merasa beruntung dengan kedatangan Milla.

"Wawasan kami semakin terbuka dan mendapat tambah ilmu dari Luis Milla. Baru kali ini pelatih kepala Timnas memberikan materi dan ilmu tentang kepelatihan di saat kursus yang diadakan PSSI," kata Gusnaedi.

Berikut daftar 24 nama pelatih yang mengikuti kursus lisensi C AFC.

1. Joice Sorongan, Banten, Mitra Kukar
2. Dedi Umar Putra, Sumatera Barat, PPLP Sumbar
3. Lulut Kistono, Jawa Timur, Persbuol Buol
4. Akira Leonard Soputan, Banten, Persita
5. Aziz, Kalimantan Timur, Persiba U-21
6. Gendut Dony Christiawan, Banten, Persita
7. Muhammad Arifin, Jawa Timur, PSBI Blitar
8. Masdra Nurriza, Jawa Timur, Barito Putera
9. Hariyanto Prasetyo Adi Utomo, Jawa Tengah, Kabomania
10. Meika Suwasdika, DKI Jakarta, PPLM Nasional
11. Supriyono, Jawa Barat,
12. Meiyadi Rakasiwi, Jawa Barat, Persikad Depok
13. Bagus Prabowo, Kalimantan Timur, PSPU Bontang
14. Ilham Romadhona, Kalimantan Selatan, Barito Putera
15. Nuzul Kifli, Jawa Timur, ASIFA
16. Djuni Herwanto, DKI Jakarta, Kabomania
17. Washiyatul Akmal, DKI Jakarta, Villa 2000
18. Asep Ardiansyah, Jawa Barat, Persita
19. AA Ketut Bramasta, Bali, Perseden
20. Ungky Prasetyo, Papua, Yahukimo FC
21. Yadi Mulyadi, Jawa Barat, Persib U-21
22. Nanang Kushardyanto,Jawa Timur, Persipur Purwodadi
23. Rastyo, DKI Jakarta,
24. Thomy Thomas Zonggonao, Papua, Persipani Paniai

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini