Sukses

Prediksi Persib Vs Mitra Kukar: Menanti Tuah Manahan

Persib selalu menuai hasil bagus di Manahan, bagaimana untuk laga nanti?

Liputan6.com, Jakarta - Laga menarik akan tersaji dalam 8 besar Piala Presiden 2017 antara Persib Bandung versus Mitra Kukar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (25/2/2017) malam ini. Persib menantikan tuah Manahan karena kerap berjodoh di sana.

Tim asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut kerap meraih hasil apik ketika berlaga di Manahan. Terbaru, di ISC 2016 mereka mampu menahan imbang Persija Jakarta.

Persib tak pernah kalah jika bertanding di Manahan. Selain di TSC 2016 lalu, mereka juga terbukti di Inter Island Cup (IIC) 2014. Dari tiga pertandingan yang dimainkan, Maung Bandung mengemas dua hasil seri saat melawan Persiram Raja Ampat dan Mitra Kukar serta menang atas Persik Kediri.

Meski begitu, Persib diminta untuk tak terlena dengan fakta tersebut. Sebab, lawan yang datang bukan sembarangan, yakni Mitra Kukar. Tim asal Tenggarong Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur itu, punya daya kejut yang berbahaya. Lengah, malah bisa-bisa Maung Bandung yang dijinakkan Naga Mekes.

"Saat kami bermain di Manahan, banyak hasil bagus. Hasil positif itu mudah-mudahan berlanjut. Meski begitu kita tak boleh terlena. Tim yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2017 memiliki kekuatan merata, baik runner-up maupun juara grup. Mudah-mudahan hasil yang kami capai nanti maksimal," ujar kiper Persib, I Made Wirawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batu Sandungan

Pernyataan I Made ini cukup beralasan. Sebab, Mitra Kukar memang acap jadi batu penyandung Persib. Dari 11 pertandingan terakhir saja, empat kali Maung Bandung dibuat tak berdaya oleh Naga Mekes. Meski, lima di antaranya berhasil direbut Persib dengan kemenangan, tapi faktanya memang cuma unggul tipis.

Klub besutan Jafri Sastra ini memang punya sesuatu yang tersembunyi. Apalagi, mereka datang dengan status yang juga jago turnamen. Sebab, Mitra Kukar memang merupakan juara dari Jenderal Sudirman Cup 2015 lalu.

Mitra Kukar sendiri menatap 8-besar justru tanpa striker asing. Naga Mekes baru saja mendepak dua pemain seleksi, Angel Carrascaso Munoz dan Hugo Nicolas Retamal. Meski begitu, ketajaman Naga Mekes diprediksi tak akan turun begitu saja.

"Maksimalkan kekuatan yang ada saja. Saya yakin anak-anak siap menampilkan yang terbaik di perempatfinal nanti," kata Pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra.

Selain itu, salah satu pekerjaan rumah yang harus dibenahi Jafri Sastra adalah mencari sosok pengganti Dedi Gusmawan dan Bayu Pradana yang cedera. Dalam beberapa sesi latihan dilakoni Naga Mekes, pelatih 51 tahun tersebut memang tengah berfokus mencari sosok itu mencoba dua nama, yakni Achmad Hisyam Tolle dan Muhammad Bahtiar.

"Untuk posisi Dedi kami masih punya Saepulloh Maulana. Sementara di posisi tengah, saya sedang mencari sosok tepat menggantikan peran Bayu yang selama ini jadi tulang punggung," tandas dia.

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta

Fakta Pertandingan

- Baik Persib maupun Mitra Kukar bisa dibilang jago turnamen. Persib juara bertahan Piala Presiden, sedang Mitra Kukar kampiun JSC 2015.

- Kedua tim sama-sama keluar sebagai juara grup di Piala Presiden. Persib juara Grup 3, sedangkan Mitra Kukar juara Grup 1.

- Mitra Kukar hanya butuh satu kemenangan untuk lolos, sedang Persib sapu bersih laga grup.

- Persib rata-rata mencetak 2,00 gol per pertandingannya. Sedangkan Mitra Kukar hanya 1,33 gol saja.

Head to Head Persib Bandung vs Mitra Kukar

16/10/16 Mitra Kukar 2 - 1 Persib Bandung
18/06/16 Persib Bandung 2 - 1 Mitra Kukar
17/03/16 Persib Bandung 1 - 1 Mitra Kkukar
10/10/15 Persib Bandung 3 - 1 Mitra Kukar
04/10/15 Mitra Kukar 1 - 0 Persib Bandung

Lima Pertandingan Terakhir Persib

14/12/16 Persib 1 - 0 Pusamania Borneo
18/12/16 Arema 0 - 0 Persib
06/02/17 Persib 1 - 0 PSM
12/02/17 Persib     3 - 1 Persiba Balikpapan
17/02/17 Persela 0 - 2 Persib

Lima Pertandingan Terakhir Mitra Kukar

12/12/16 Semen Padang 3 - 2 Mitra Kukar
16/12/16 Persela 1 - 0 Mitra Kukar
04/02/17 Mitra Kukar 1 - 0 Gresik United
09/02/17 PSS Sleman 3 - 3 Mitra Kukar
15/02/17 Mitra Kukar 0 - 1 Persipura

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-2-3-1):  M. Natshir Mahbuby; Achmad Jufrianto, Henhen Herdiana, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Erick Weeks, Febri hariyadi, Gian Zola, Hariono,  Shohei Matsunaga, Sergio van Dijk.

Mitra Kukar: (4-2-3-1): Gerri Mandagi; Wiganda Pradika, Saepulloh Maulana, Jorge Gotor, Zikri Akbar; Achmad Hisyam Tolle, Dhika Pratama, Oh Inkyun, Yogi Rahardian, Septian David Maulana; Aldino Herdianto.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini