Sukses

Barcelona Tuntut RFEF Cabut 4 Gelar Copa Del Rey Real Madrid

Menurut Barcelona, kemenangan Real Madrid tidak resmi karena terjadi ketika RFEF belum berdiri.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mendesak Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mencabut empat gelar Copa del Rey yang dimenangkan Real Madrid periode 1903 hingga 1909. Sebab, Los Blancos menjadi juara ketika kompetisi belum bernaung dibawah RFEF.

Pada permohonan yang diajukan salah satu anggota Barcelona, Joaquim Molins, mendasari argumen pada keputusan RFEF sebelumnya.

Tahun lalu, RFEF menolak permintaan Levante mengesahkan kemenangan Copa del Presidente de la Republica pada 1937. RFEF juga mengabaikan permintaan Barcelona agar prestasi menjuarai Mediterrenean League 1937 dengan alasan sama.

"Turnamen resmi adalah kompetisi yang diatur asosiasi sepak bola negara bersangkutan, dan bernaung di bawah FIFA," tulis keterangan RFEF ketika itu.

RFEF baru berdiri tahun 1909. Namun, Copa del Rey digelar sejak 1903. Terdapat dua klub yang memenangkan titel pada kurun waktu tersebut, yakni Athletic Bilbao (1903, 1904) dan Real Madrid (1905, 1906, 1907, 1908).

"Atas pertimbangan tersebut, Copa del Rey yang bergulir sebelum berdirinya RFEF tahun 1909 tidak bisa dianggap sebagai turnamen resmi," tandas Collins, dilansir Sport.

Real Madrid total memenangkan Copa del Rey 14 kali. Athletic Bilbao merebut 23 titel dengan Barcelona menjadi tim tersukses lewat torehan 28 gelar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Copa del Rey dalam bahasa Spanyol adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan untuk klub-klub sepak bola Spanyol.

    Copa Del Rey

Video Terkini